Home » Info, Online Communities

Tulisan ke-750 dan Terus Bertambah

6 August 2011 4,797 views 19 komentar

Ini sebenarnya tulisan di blog yang ke-753, tapi biasalah kebablasan dalam hal perhitungan. Blog Media Ide sudah muncul sejak Juli 2005 (err.. itu berarti sudah berusia 6 tahun 1 bulan) dan kini sudah dipenuhi oleh lebih dari 10.800 komentar dan 500 tags. Kalau menghitungnya 6 tahun sih ya wajar ya kalau angkanya sebanyak ini.

Padahal kenyataannya kalau dilihat aktivitas per bulan, diakui frekuensi posting blog ini sebenarnya semakin menurun. Dari dulu selalu mencoba menargetkan minimal 8 tulisan per bulan. Kenyataannya jumlah itu diakui semakin menurun. Haha, bahkan dengan tambahan bloggerblogger tamu pun, jumlah tulisan beberapa bulan terakhir nggak mencapai target minimal. Beberapa minggu lalu bahkan sempat tak ada tulisan sama sekali selama 3 minggu. Beberapa teman yang menjadi pelanggan blog ini pun menanyakan di Twitter, “blognya kok sudah lama tak ter-update ya?”

Blog Media Ide ini memang sejak dulu selalu berusaha fokus pada topik yang niche, yakni pengamatan terhadap aktivitas pemasaran brand dan perilaku penggunanya di ranah daring. Plus beberapa bahasan tentang dunia kreatif. Setahun belakangan ini, karena isu social media semakin marak, maka blog ini pun semakin banyak membahas topik itu. Lalu kalau topiknya marak, kenapa masih tak sempat menulis blog? Tentunya bahan akan selalu ada dong?

Alasan pertama yang paling klasik adalah kesibukan. Pada hakikatnya keaktifan diri dalam mendulang “intan” berbanding terbalik dengan frekuensi tulisan. Semakin banyak “intan” yang harus didulang, berarti akan mengurangi waktu untuk mengamati fenomena social media dan mengurangi kesempatan untuk menuliskannya. Sampai vakum selama 3 minggu itu sebenarnya benar-benar tidak menyenangkan, karena untuk mulai kembali menulis itu bukanlah hal yang mudah.

Alasan lainnya adalah membagi perhatian akan semakin luasnya kanal social media. Lah ya masa mau jadi pengamat dunia social media, nggak ikut terlibat aktif di dalamnya? Itulah kenapa akhirnya mau nggak mau, kehidupan di Twitter, Facebook (terutama di grup social media strategist), dan Instagram harus tetap dijalankan. Porsi terbesar memang saat ini masih tetap di Twitter, makanya nggak heran banyak tulisan di blog ini yang membahas dunia Twitter Indonesia.

Ingin banget sih bisa membahas hal-hal yang terjadi di Kaskus, Kompasiana, Mig33 (yang juga populer di Indonesia), tapi tentu diri ini punya keterbatasan. Kalau di antara pembaca ada yang mau berbagi cerita tentang peristiwa-peristiwa menarik seputar brand dan komunitas di 3 kanal itu, monggo loh. Anda nanti bisa menjadi blogger tamu di sini.

Yang menyenangkan (sekaligus memberikan tantangan bagi diri sendiri) adalah blog yang membahas isu kreatif, pemasaran, dan social mediasudah semakin banyak. Pilihan membaca pun makin beragam. Ada blog Mas Bukik yang banyak membahas seputar ide dan kreativitas. Ada pula blog Urban Sosial yang ditulis oleh 3 orang, yang juga banyak membahas isu spesifik tentang dunia social media. Lalu ada liputan headline dari SalingSilang.com yang sangat rajin membahas setiap berita yang muncul di ranah social media. Wajar sih, hihihi tim penulis SalingSilang.com memang sangat banyak. Juga jangan ketinggalan pula membaca Marketeers, Tekno Jurnal, Daily Social, TeknoUp, dan Penn-Olson (membahas dunia teknologi dan social media di Asia, yang punya kontributor blogger Indonesia).

Meskipun banyak kasus menarik bermunculan di Twitter atau Facebook, namun semangat menulis suka berkurang kalau ternyata kasus tersebut sudah sempat lebih dulu dibahas oleh blog-blog lain. Hal yang mungkin membedakan tinggal tingkat kedalaman pembahasannya saja. Akhirnya kini lebih sering memilah-milah lagi kasus yang muncul, dan mencari topik yang memang punya insight yang sangat bagus untuk dibahas. Ini juga menjadi tuntutan terhadap diri sendiri untuk bisa berani mengupas lebih dalam kasus social media dan tidak sekedar mengamati yang terlihat di kulit saja. Jujur saja, untuk melakukan hal itu bukanlah hal yang mudah.

Sebenarnya blog Media Ide ini bukanlah satu-satunya yang ditulis. Silakan simak Snapshots untuk melihat cuplikan kasus-kasus menarik tentang social media dan teknologi di luar sana. Anggaplah blog itu sebagai referensi yang bisa dipakai untuk para brand lokal melakukan hal serupa. Lalu ada pula blog Mataku yang membahas foto hasil jepretan sendiri dan blog Lain Dunia yang berisi tulisan flash fiction karya sendiri.

Terima kasih kepada Pak Nukman yang sudah memancing diri untuk akhirnya menuliskan artikel ini. Semoga blog akan terus ada dan semakin banyak blogger Indonesia bermunculan dan menorehkan jejak pikirannya di media miliknya sendiri ini.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

19 komentar »

  • kimciti :

    Memang untuk menulis sebuah blog, tidak semua orang mampu untuk membagikannya secara teratur, apalagi jika dia memiliki kesibukan lain. Tetapi percayalah, kesenangan menulis blog tidak akan pernah lenyap selama masih ada rasa suka 🙂
    Kunjungi juga website bisnis menjanjikan di bawah ini:
    http://www.kimciti.com
    Sukses bersama kami!!

  • syakid peyut :

    makasi info nya gan!

  • All Unique Things :

    Mantaps… terus berkarya mas..!!! tetap semangat..!!!

  • Yodhia @ Blog Strategi + Manajemen :

    Kapan-kapan ingin jadi guest blogger juga di media ide ini, bro. Tentu akan bicara tentang social media, mungkin dari sudut bisnis and management.

  • Kurnia Septa :

    Baca tulisannya pak nukman, terus langsung ke sini.
    Ada banyak setia pembaca blog Anda, update terus ya 😀

  • bukik :

    Hikz terharu blogku disebut-sebut…………
    Terima kasih……….

    Sebenarnya yang sangat jleb adalah : keaktifan diri dalam mendulang “intan” berbanding terbalik dengan frekuensi tulisan

    Muahaha jadi kalau banyak nulis artinya……..(isi sendiri)

    Disisi lain, berarti blogger sebagaimana diresahkan beberapa teman, masih menjadi “sambilan”. Padahal blog punya potensi menjadi media alternatif yang lebih mendidik

  • sibair :

    wah udah banyak bgt ya mas pit.. dan umur 6 tahun itu bukan umur sedikit buat blogger, mas pitra termasuk blogger “tua” maksutnya bukan tua umur sih… 😀

  • Erianto Simalango :

    Wah ini saya baru tau, ternyata memang tulisannya menarik untuk disimak, kebetulan pengen belajar tentang Social Media lebih banyak lagi, mudah-mudahan saya diizinkan untuk menjadi pelanggannya. salam / Eric

  • Trimo Leksono :

    wow..salut buat mas pit,
    terus berkarya ya mas, di tunggu tulisan2 selanjutnya 🙂

  • mulyonoaja :

    Bisa bertahan hingga 6 tahun , wah luarbiasa.
    Salut. Moga Makin Sukses ya mas
    salam

  • iklan property :

    salut buat anda yang masih tetap nge-blog walau sudah 6 tahun.

    moga2 target 8 tulisan per bulannya bisa tercapai 🙂

  • Rafting :

    Konggretulession buat Media-ide.com 🙂
    Semoga makin kaya konten2 menariknya

  • Rumah Dijual :

    Mantabb tw infonya

  • alphasudirman :

    ngeblog itu susah2 gampang,klw bleh tau keuntunganya pa yah dari nge blog soalnya sya baru mengenal blog??

  • Propolis Diamond :

    Mantab Mas…
    Nice Info, Terus Berkarya…
    Propolis Diamond baru saja menulis..Terapi Penyakit Arthritis (Rematik, Radang Sendi)

  • hajarabis :

    halo semuaa 😀

    sukses selalu!!

    semangat terus nge-blognya 😀

  • rica riyantini :

    wah numpang promosi yah blog rica http://ricariyantini.blogspot.com/ , baru beljr dan aktif d blog 🙂 terimakasih

  • WETWEW :

    wew makasih nih infonya, memotivasi saya

  • WETWEW :

    WEW KEREN
    Terus berkarya mas

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge