Home » Experiential

Tiga Hari di Social Media Festival

25 September 2011 5,814 views 17 komentar

Kamis hingga Sabtu, 22-24 September 2011 kemarin perhelatan besar Social Media Festival (SocMedFest) diselenggarakan di FX. Acara ini diselenggarakan bekerja sama antara tim Salingsilang.com, Dailysocial.net, dan FX sendiri. Untuk yang sudah beberapa kali datang ke Pesta Blogger, acara SocMedFest ini punya karakteristik yang amat berbeda. Tiga hari, di dalam sebuah mal di pusat kota (yang memang punya karakteristik anak muda yang kuat), tersebar merata di 8 lantai mal, dan yang paling penting, bisa menggerakkan banyak komunitas untuk menggerakkan dan meramaikan.

Kebetulan juga, yang menulis blog ini ikut membantu mengisi acara di hari pertama, dengan menyelenggarakan perhelatan FreSh bulanan di atrium lantai satu FX. Waktu itu FreSh membuat talk show yang menghadirkan 4 individu yang menjadi stakeholder kampanya brand di social media. Tanggapan dari audiens pun luar biasa. Sayangnya memang, sound system yang dipakai kurang memadai untuk dipakai di sebuah atrium.

SocMedFest menghadirkan banyak sekali komunitas dan forum yang bergerak di ranah daring. Dari yang bermassa kecil, hingga yang beranggotakan banyak orang di berbagai daerah, tumplek blek di satu mal. Setiap komunitas dan forum itu menggerakkan anggotanya sendiri untuk ikut serta membantu dan meramaikan. Wajar jika selama tiga hari ini pengunjung yang hadir mencapai 43.000 orang. Seharusnya FX senang, karena hampir setiap restoran di sana ikut kebagian rejeki. Bahkan banyak restoran yang akhirnya kewalahan, karena tak siap menghadapi kerumunan massa sebanyak ini. Katanya, terakhir kali FX mendapat kunjungan sebanyak ini adalah saat FX menyelenggarakan Piala Dunia beberapa tahun lalu.

Lalu ada apa saja di SocMedFest? Ada diskusi olahraga, musik, film, social media, komik, finansial, gombalan, fashion, dan kayaknya apapun topik yang pernah ditemui di Twitter dan Facebook, ada di sini. Selain FreSh, juga ada Akademi Berbagi, Twitalk, @fiksimini, @anjinggombal, iPhonesia, Ayo Foto, Coin A Chance, Blood for Life, TEDxJakarta, Indonesia Bercerita, @keluarumah, Ganti Baju, Masyarakat Komik Indonesia, dan masih banyak lagi. Yang paling raksasa dan niat adalah Indonesia Berkebun, karena menghias satu ruangan penuh dengan tanaman-tanaman hijau. Bahkan ada sebuah peta Indonesia yang disusun dari ratusan tanaman hias. SocMedFest ini memang bisa jadi ajang memperluas pesan yang ingin disampaikan masing-masing komunitas dan forum (besar dan kecil).

Yang menarik tentunya adalah menjalin silaturahmi dengan beragam teman yang sebelumnya hanya ditemui di ranah daring. Beredar dari satu booth ke booth lain, berkenalan dengan teman baru, menjalin relasi baru, menyapa teman yang sudah lama nggak ketemu, berbagi cerita. Kalau ada acara yang dibangun dengan sukses dan hidup karena komunitasnya yang ikut bergerak sendiri, ya mungkin baru SocMedFest ini yang bisa dibilang berhasil. Lihat saja banyak banget akun Twitter yang mempromosikan acara 3 hari ini dengan ikhlas. Bahkan kata “socmedfest” menjadi trending topic lokal saat berlangsungnya acara.

Bulan depan masih akan ada acara serupa yang akan kembali mengumpulkan netizen di satu tempat. Namanya ON|OFF, dengan Pesta Blogger menjadi bagian dari acara tersebut. Mudah-mudahan acara yang akan berlangsung selama 2 hari ini akan seramai dan semerah acara SocMedFest ini.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

17 komentar »

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge