Home » Creative Works

Bermain Komodo di Mobile

2 November 2011 4,703 views 10 komentar

Kalau memantau linimasa Twitter, pasti tahulah cerita tentang adanya ketidakberesan New 7 Wonders terkait dengan Taman Nasional Komodo-nya. Kalau belum tahu, silakan simak saja tulisan FAQ Priyadi ini dan Motulz. Tulisan di blog ini bukan untuk membahas New 7 Wonders karena sudah lengkap dibahas mereka berdua di blognya. Masih banyak cara lain membangun awareness tentang Taman Nasional Komodo, tanpa harus berurusan dengan yayasan tersebut di atas. Salah satunya adalah dengan mengembangkan aplikasi digital berbasis mobile melalui kompetisi Komodo Apps Challenge yang sudah diumumkan pemenangnya minggu lalu.

Untuk pengguna iOS, coba deh cari “komodo” di App Store. Nanti Anda akan menemukan beberapa game bertema Komodo buatan anak negeri. Semua game ini gratis. Beberapa yang sudah sempat dicoba adalah sebagai berikut:

Komodo Do Ko Mo

Game ini dibuat oleh TouchTen dan ChiliJump. Idenya mirip game Tamagochi. Anda harus memelihara komodo ini terus, jangan sampai membuatnya mati. Caranya dengan memberinya makanan, mengajaknya bermain, membersihkan kotorannya, dst.

The Lost Komodo

Game ini dibuat oleh Vostrix Interactive. Ada beberapa level game, tapi belum berhasil melewati level pertama sih. Di level pertama ini, Anda harus menggerakkan komodo dengan menggoyang-goyang iPhone. Arahkan si komodo untuk mengumpulkan makanan. Anda akan menang kalau berhasil mengisi penuh energi dalam tenggat waktu yang diminta, tanpa bertabrakan dengan beberapa rintangan.

Jejak Komodo

Game ini dibuat oleh BatickDev. Ini lebih bisa dibilang sebagai aplikasi informasi sih daripada game. Anda akan menjelajah Taman Nasional Komodo. Beragam foto melengkapi informasi yang disampaikan. Setelah membaca informasi, di akhir jelajah, Anda akan dihadapkan dengan sejumlah kuis. Jawaban kuis ini akan dipublikasikan juga di Apple Game Center, sehingga Anda bisa tahu siapa saja yang menjadi leaderboard-nya.

  

Komodo Island: Newborn Wonders

Game ini dibuat oleh Nightspade, yang merupakan bagian pertama dari total 3 game. Permainan di game ini sederhana, hanya menjodohkan ikon yang sesuai. Game ini dilengkapi pula dengan animasi intro yang menarik.

Memang sih bisa dibilang semua game di atas masih jauh dari sempurna, karena pasti saat pengembangannya dikejar tayang. Semoga saja bagi mereka yang mendapatkan hadiah dari kompetisi ini, bisa lanjut memperbaiki game yang sudah ada menjadi lebih baik dan menarik. Lumayan kan, bisa ikut membantu mengenalkan komodo sebagai salah satu ikon negeri ini.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

10 komentar »

  • bukik :

    Nah ini baru kreatif
    Mempromosikan komodo malah bisa berkarya
    Kalau keren, bisa jadi sebuah bisnis yg menghasilkan
    Bukan seperti kampanye yg ada sekarang
    Menghabiskan uang plus gak jelas pula
    bukik baru saja menulis..Pertemuan 3.0 : Melejitkan Kreativitas Kolektif

  • Asti :

    Memanfaatkan moment yang ada.
    Sambil nge-game,, sambil mengenalkan komodo sebagai salah satu ikon negeri ini.
    Asti baru saja menulis..Ayam Bumbu Andaliman

  • Media Ide Blog Archive Bermain Komodo Di Mobile - Forum Indonesia :

    […] Kalau memantau linimasa Twitter, pasti tahulah cerita tentang adanya ketidakberesan New 7 Wonders terkait dengan Taman Nasional Komodo-nya. Baca Selengkapnya: http://media-ide.bajingloncat.com/2011/11/02/bermain-komodo-di-mobile/ […]

  • andinoeg :

    ternyata banyak juga game tentang komodo, download ach buat maen di kantor 😀

  • andinoeg :

    lho komenku kok mesti ilang???

  • Pitra Satvika (penulis) :

    @andinoeg
    Ini memang ada bug di komentar blog ini. Setiap komentar dianggap spam, tapi semua pasti diselamatkan kok. Thank you ya sudah mampir.

  • csr :

    kayanya menarik juga game nya.. perlu di coba dulu ah..

  • hajarabis :

    waww. ..kayaknya seru tuh .
    saya baru tau .
    hmp. ..lebih menarik lgi klo postingannya di kasih link buat ngunduh tuh permainan .
    biar para pembaca yang berminat seperti saya ini bisa langsung mengicip.i nih game .
    hhehe .
    salam kenal yya dan sempatkan mampir ke website kami di http://www.hajarabis.com

  • jolan :

    asyik nih promosi lewat game mungkin ada juga ya yang kampanye lewat game haha “bercanda”
    jolan baru saja menulis..ride your computer with horny

  • Anonymous :

    Modo dan Modi juga Kok!

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge