Home » Online Living

Courtesy of YouTube

4 November 2011 9,976 views 34 komentar

Kalau ada program yang lagi tren di satu stasiun, yang lainnya pasti mengekor. Apalagi kalau programnya bisa diproduksi dengan biaya murah. Yang lagi happening belakangan ini adalah program TV yang berisikan kompilasi dari YouTube. Nggak susah kok buatnya. Cari konten di YouTube (yang bisa dipilih dari ribuan banyaknya), unduh videonya pakai KeepVid atau KissYouTube atau sebangsanya. Tambahkan host yang jadi pengantar, isi dengan ilustrasi musik baru, dan jadilah satu program baru. Yakin deh, satu episod program ini bikinnya pasti cuma dalam hitungan jam.

Terus masalahnya di mana? Ya tentunya nggak ada masalah sih, sepanjang video yang diambil itu seizin YouTube (tertulis) dan tentunya seizin pengunggah kontennya. Yang seharusnya mendapatkan kredit adalah pembuat konten video yang mengunggahnya ke YouTube. Di sini YouTube hanya menjadi situs yang menyediakan platform untuk berbagi video. Hak cipta video itu sendiri ada di tangan pengunggahnya.

Memang ada aturannya? Tentu ada. Kalau kita menggunakan suatu situs, pasti akan ada aturan mainnya. Cuma memang biasanya jarang banget sih ada orang yang membaca. Aturan main yang biasa disebut terms and conditions ini yang mengikat setiap pihak yang berhubungan dengan situs, termasuk pengguna yang menjadi anggota YouTube dan pemirsa yang hanya ikut menikmati isinya tanpa menjadi anggota. Nih, kalau mau lebih detil, silakan baca di tautan ini.

Terkait dengan program TV di atas, mudah-mudahan memang para pembuat programnya membaca terms and conditions nomor 5B (baca yang dicetak tebal):

Content is provided to you AS IS. You may access Content for your information and personal use solely as intended through the provided functionality of the Service and as permitted under these Terms of Service. You shall not download any Content unless you see a “download” or similar link displayed by YouTube on the Service for that Content. You shall not copy, reproduce, distribute, transmit, broadcast, display, sell, license, or otherwise exploit any Content for any other purposes without the prior written consent of YouTube or the respective licensors of the Content. YouTube and its licensors reserve all rights not expressly granted in and to the Service and the Content.

Mudah-mudahan sih ya setiap program TV itu benar-benar mendapatkan izin yang seharusnya. Lucu aja sih, bergerak di bidang kreatif, dengan tujuan menghasilkan konten kreatif, tapi kok ya menggunakan materi yang tidak menghargai hasil kreativitas orang lain.

Baca juga tulisan lama di blog ini tentang Menghargai Karya Orang Lain.

Kredit foto: Emberflylayouts

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

34 komentar »

  • nurizysapiens :

    wiiiih bener banget mas. bukan program kreatif kayanya kalo bukan hasil jerih payah dari crew nya sendiri.

  • Oom Yahya :

    Yach, begitulah, HAKI masih sulit ditegakkan di Indonesia

  • snydez :

    makanya kemaren ada yang ngetweet.
    OVJ trans7, yang di upload ke youtube. trus suruh rcti donwload trus tayangin, kasi embel ‘courtesy of youtube’

  • agussupri :

    memang kreatif tapi menirunya lebih kreatif sangat disayangkan

  • Junianto Bara :

    yang penting menaikan rating. masalah hak cipta itu nomor dua, 😀 tar kalo yang punya konten nuntut, tinggal bilang ja, lo berani ngelawan tivi, punya pengacara berapa lo.. hahahaha
    Junianto Bara baru saja menulis..50 Inspirasi Desain Cover Majalah Indonesia.

  • Ifan Ismail :

    Setuju banget, Mas Pitra. Dan bahkan menurut saya, nada tulisan Anda masih sopan banget, tapi mungkin menahan kesal. Yang bikin nggak rela tu terutama fakta ini:

    [1] bahwa stasiun2 TV gemuk modal itu TERLALU MALAS dan TERLALU RAKUS untuk berpayah-payah sedikit nyari konten buat acara siarnya. Suruh karyawannya browsing, beres. Kadang dilema juga buat mereka, waktu mepet sekali biasanya.

    [2] dan bahwa stasiun TV dapat untung iklan banyak dari kemalasan macam itu. Bagi saya pribadi, ini sikap mental yang sangat, sangat, sangat buruk.

    Industri TV harus dibongkar sebongkar-bongkarnya memang. Kebetulan saya terbenam di dalamnya, dan selalu berdoa terus diberi kekuatan untuk melawan sistem macam ini.

  • Ifan Ismail :

    @snydez: ada juga yang nge-tweet: “coba TV A download konten TV B lalu pasang tulisan “courtesy of TV B”. Mau nggak?” 😀

  • Sriyono Semarang :

    iya nda itu perusahaan besar yang modalnya triliunan kok ya main hajar nggak menghargai babar blas ya…
    #masi mending blogger pemula yang nggak ada iklannya ada gambar yang dikasih keterangan, “gambar diambil dari google…” 😀
    Sriyono Semarang baru saja menulis..Rotifresh: Berbagi, Bersatu Untuk Indonesia

  • Doni Punya Blog :

    kadang miris juga ngeliatnya kalo karya kita sendiri di pajang di televisi tapi gda tulisan sumber dari blog ataupun video youtube yg di unggah,,tapi yaa mau gmna lagi,
    Doni Punya Blog baru saja menulis..Hanya 5 Menit ! ! !

  • PT. Karya Prima Sukses :

    intinya tiap individu harus sadar akan dirinya masing2 dalam membuat suatu berita dan tidak lupa untuk menuliskan sumber yg jelas.

  • defa :

    kalau diluar negri ada acara terkenal namanya Tosh.0 di comedy central
    isisya sama aja video2 dari youtube

    jadi mau didalam / luar negri sama aja kok ;P

  • nur :

    harus benar-benar disaring untuk sebuah siaran yang bermutu tapi tidak nyontek, kayak anak sekolahan aja…. hati-hati!
    nur baru saja menulis..sewa elf

  • Rukmana Mulya :

    Betul juga yah kalo di pikir2 banyak sekali stasion tv yang menyiarkan acara yang mengambil video2 di youtube seharusnya sih membuat karya baru bukan menyiarkan karya orang lain,apa lagi yang diambil dari youtube menurut saya kurang kreatif

  • Chandra B. :

    iya, kesannya gampang banget bikin kompilasi video begitu dibuat jadi program TV. dan saya baru tau kalo itu ternyata menyalahi t&c youtube. tapi kadang saya ngarep juga acara tersebut ngambil sumber dari blog saya di blogspot (blog saya yang memuat berita2 ringan dan unik khas acara tv itu). hehehe. tapi mereka selalunya nulis courtesy of yutup.

  • Yodhia @ Blog Strategi + Manajemen :

    Sejak pertama melihat acara itu, saya memang agak terkejut juga.

    Saya kira kita perlu menulis hal ini di Surat Pembaca KOMPAS atau media besar lainnya.

  • didon45.heck.in :

    nice inf0 bang
    salam Dunia Blog Dunia Persahabatan Tanpa Batas

  • myjayyvyn :

    hal kreatif yang tidak kreatif

  • syamsulganjur :

    Itulah realitas tayangan di TV kita semua pengen serba gampang dan instan….lebih parahnya lagi, hal itu menjalar hampir ke seluruh aspek kehidupan masyarakat kita, tidak terbatas di tayangan TV saja,termasuk juga industri musik, pembinaan olahraga, bahkan pangkat dan kedudukan serta derajat pun diupayakan atau diraih secara instan tan proses dan prosedur yang benar…akhirnya…ujung dari semuanya adalah marakanya KKN yang berbuntut pada korupsi massal atau korupsi berjamaah. Masya Allah.

  • syamsulganjur :

    Itulah realitas tayangan TV kita…serba instan dan market oriented tidak lagi memikirkan kualitas….mungkin hal itu juga merupakan bagian dari kehidupan sosial politik kita yang serba instan dan berkualitas rendah…orang-orang cenderung lebih memilih hal-hal yang bersifat instan hampir dalam segala aspek kehidupan….dunia musik diisi dengan band-band kelas kacangan yang sekedar lewat tanpa arah dan karakter….dunia olahraga pengennya serba instan dan berprestasi cepat tanpa mempertimbangkan pembinaan dan sumber daya daerah…demikian juga dalam hal kehidupan…orang cenderung mencari cara gampang, baik untuk memperoleh pekerjaan, menaikkan pangkat, jabatan dan kedudukan….semua dilalui secara instan tanpa prosedur yang semestinya sehingga yang muncul…..korupsi merajalela

  • me :

    saya ijin menaruh tulisan ini di milist yah mas pitra. ntar saya tambahin courtesy wordpress dan mas pitra 😀 boleh yah..boleh yah…pleaaaseeee

  • Jauhari :

    dan Video dengan Kualitas Low pun dipaksakan… jadi syedih kalau meliat program tipi pada GITUAN.. GITUAN kok di TIPI… #syedih
    Jauhari baru saja menulis..Rockto: Rockstar Of The Month

  • maRio :

    baru tau sya soal beginian hehehe

  • mawi wijna :

    wong di baris pertama sudah diembel-embeli “…personal use…” kok ya disiarkan lewat TV ke publik? >.<
    mawi wijna baru saja menulis..Candi Sumberawan

  • Jual furniture jepara :

    siip bos,, makasih atas informasinya.
    salam kenal dari jepara
    Jual furniture jepara baru saja menulis..Furniture at Jepara Furnishing

  • Aplikasi Symbian's blog :

    heeem… Stelah tdi ane lhat priview vidionya lumayan bgus juga om
    N tetep smangat ya:D

  • Nuno :

    Betul banget, kalau ada acara bagus pasti yang lain tiru tiru, yah beginilah kenyataannya..

  • Nuno :

    Kurang kreatif ya… kalau ada acara bagus pasti yang lain ikut ikutan
    Nuno baru saja menulis..Makasih Sayang

  • Nuno :

    Perlu pendidikan secara dini tentang kreatifitas kayaknya
    Nuno baru saja menulis..Makasih Sayang

  • Cara Mengobati Penyakit Gagal Ginjal Secara Alami :

    hemmhh,,yap setuju banget sekarang banyak banget tuh acara tv yang nayangin isinya dari youtube,,emang infonya mantap2,,,,

  • Cara Mengobati Penyakit Sinusitis Secara Herbal :

    hal gajebo tuhh yang maksudnya ga jelas
    asal usulnya pasti dapet copass tuhhh

  • wisata indonesia :

    Saya juga mikir begini mas. Ini acara pasti murah banget produksinya + menarik bagi pemirsa juga. Bayangin, gak perlu repot2 shoot lagi.

    Tapi, okelah. orang indonesia dapat informasi lebih mengenai dunia luar. bayangin kalo harus produksi sendiri. yang bisa itu sekelas NG, NHK, BBC, dll.

  • Eva :

    Lucunya lagi, ada juga acara-acara TV yang kasih tulisan ‘courtesy of google’. Padahal sumber tayangan bisa saja berasal dari website atau blog. Tapi, mungkin biar gampang, cuma ditulis ‘courtesy of google’.

  • berita kapal :

    salam kenal dari pelaut batam, isi blognya mencerahkan
    berita kapal baru saja menulis..DIBUTUHKAN ANT II at PT KAISC SAMUDRA for Onboard Vessel

  • mlm online :

    ….hebat nya lagi… tayangan ini ..justru laku keras…ditayangin di ‘prime time ‘… iklan bejibun… modal dikit.. untung gede…

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge