Home » Online Communities

Kala Blogger Mendapat Undangan Acara

24 November 2011 4,249 views 19 komentar

Kayaknya asyik ya. Ada acara yang keren, diselenggarakan oleh brand atau LSM atau apapun, lalu mengundang blogger. Ya memang asyik sih. Awal-awal menjadi blogger dulu, adalah sesuatu yang sangat spesial bila mendapatkan undangan untuk menghadiri acara ini atau acara itu. Apalagi kalau undangan itu hanya dibatasi untuk orang tertentu saja.

Apalagi setelah datang ke acara tersebut, pengalaman yang diberikan sungguh tak terlupakan. Pasti akan jadi bahan tulisan yang menarik. Tujuannya untuk berbagi cerita (walau tanpa ada tendensi mempromosikan pengundang), dan pastinya untuk membuat pembacanya merasa iri. Hihihi, iya kan?

Namun itu dulu, saat blog masih menjadi medium utama yang dimiliki individu. Dulu berbagi cerita ya paling enak lewat blognya sendiri. Sekarang, di era semua orang mengakses Twitter langsung di ponselnya, sudah agak berubah. Para blogger lebih suka berbagi langsung dengan men-tweet saat acara. Makanya untuk para brand yang masih suka mengundang blogger, pastikan di lokasi acara sinyal 3G-nya bagus ya.

Setelah pulang dari acara, sudah sangat jarang yang lalu menuliskannya di blog, meskipun pengalaman yang dirasakannya menarik. Kenapa? Ya karena terasa sudah basi. Acara seru-seruannya sekarang kok menuliskannya baru besok. Berbeda dengan dulu sebelum Twitter ramai digunakan. Bloglah medium yang dimiliki individu untuk bercerita. Jadi meski telat-telat sedikit beberapa hari, blogger-blogger lainnya (yang ikut juga dalam acara) pasti masih menantikan tulisan ini.

Sekarang undangan yang ditujukan kepada blogger semakin banyak. Kalau ikut milis Kopdar Jakarta, bisa tahu deh minimal seminggu sekali pasti ada acara offline yang mengundang para blogger. Kebanyakan nggak bayar. Blogger tinggal datang. Kalau ada makanan, ya makan. Menikmati suguhan acara, lalu pulang dengan menenteng goodie bag. Undangan semacam itu sudah terlalu sering, sehingga yang diundang pun bisa jadi sudah tidak merasakan kenikmatan spesialnya. Bahkan ada yang mulai memilih-milih, undangan acara seperti apa yang enak didatangi. Blogger lalu memilih untuk datang hanya ke acara yang relevan dengan kesukaannya.

Terkadang undangan ke suatu acara ditujukan selain kepada blogger, juga ditujukan kepada jurnalis media. Jurnalis diundang dan menuliskan kegiatan event karena memang itu adalah bagian dari pekerjaannya di media. Blogger tidak punya kewajiban itu. Kalau memang acaranya menarik dan berkesan bagi dirinya, atau merasa kalau memang acara itu penting, maka dengan suka hati ia akan menuliskan di blognya. Tidak ada yang menjamin blogger akan menuliskan pengalamannya setelah mendatangi suatu acara.

Lalu bagaimana cara mengikat blogger supaya akhirnya mau menuliskannya? Yang paling umum adalah kontrak paid posting. Ada beberapa blogger yang memang dikontrak oleh brand untuk menuliskan tentang suatu topik. Meski berbayar, bukan berarti blogger lalu memuji-muji yang membayar. Biasanya blogger tetap akan menuliskan pengalaman apa adanya. Kalau pujian pantas diberikan, ya dipuji. Namun kalau kritikan yang perlu disampaikan, ya dikritik.

Cara lainnya adalah dengan membuat kompetisi blog. Sudah banyak yang melakukan ini. Beberapa bulan lalu XL mengundang beberapa blogger jalan-jalan ke Semarang. Semua transportasi dan akomodasi ditanggung. Tidak ada kewajiban bagi blogger untuk menceritakan pengalamannya di blog. Namun XL menawarkan hadiah bagi 1 orang yang mau menuliskannya dengan baik. Iming-iming hadiah memang bisa menjadi motivasi bagi blogger untuk menulis.

Hal serupa dilakukan oleh Nissan March yang memberikan kesempatan kepada beberapa blogger untuk merasakan langsung mobilnya. Blogger yang berpartisipasi diminta untuk menuliskan pengalamannya per hari di blognya. Iming-iming hadiah berangkat ke Jepang menjadi motivasi bagi blogger untuk rajin menuliskannya.

Artikel lama di blog ini juga bisa menjadi rujukan untuk para brand yang hendak mengundang netizen (termasuk blogger).

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

19 komentar »

  • gajah_pesing :

    saia kok sepakat dengan kalimat,
    “Makanya untuk para brand yang masih suka mengundang blogger, pastikan di lokasi acara sinyal 3G-nya bagus ya.”

    sejak awal ngeblog sampai sekarang, saia selalu mengutamakan hal itu πŸ™‚

  • Chic :

    dulu jaman 2008-an gitu undangan eksklusif sih, jadi nulis di-blognya bangga gituuuh.. sekarang sih yaaaa, gitu deh πŸ˜†
    Chic baru saja menulis..Jalan-jalan Jakarta : Museum Layang-layang

  • Ceritaeka :

    Hihi artikel ini menarik, Pit.
    Aku setuju banget, bahwa ketika mengundang blogger ya memang tidak ada kewajiban buat blogger untuk nulis kecuali memang inisiatif itu datang dari diri blogger sendiri.

    Aku pribadi memang pilih-pilih acara pas diundang, dengan faktor pertimbangan acaranya apa dan siapa juga teman-teman yang datang. Gak bisa dipungkiri kan, acara2 undangan dari suatu brand jadi semacam ajang kopdar juga, dan keriaan itu menyenangkan πŸ˜› hihi.

    Setelah acara selesai, kalau memang aku terpikat sekali biasanya aku tulis sih. Tapi kalau enggak ditulis di blog pun, jika acaranya menarik pasti di twitkan koq πŸ˜‰
    Ceritaeka baru saja menulis..Your Wish is My Command

  • waterbomm :

    Artikelnya keren.
    Kalo emang mau peserta nulis, ya mending dari awal jelasin ke yang bersangkutan.
    Ya, namanya juga undangan, bukan keinginan sendiri untuk ikut.
    waterbomm baru saja menulis..[Berita] Peluncuran Blackberry Bold 9790

  • umenumen :

    Apalagi kalo undangannya terbatas, yups….setuju banget, berasa keren aja kalo dateng. Hahahah….

    Tapi ditulis atau engga, memang kembali lagi pada blogger itu sendiri. Penyelenggara dilarang memaksa blogger untuk nulis kalo memang tidak ada kesepakatan dari awal. Gitu aja sih..

  • Alderina :

    Pitra ini memang sangat up to date yak! Luar biasa sekalih!

    Well…
    Alderina baru saja menulis..Makan Bakso di Semanggi Pakai Voucher @Dikotakita

  • Kurnia Septa :

    pastinya menyenangkan ya, ketemu sesama blogger, pulang bawa sesuatu πŸ˜€
    Kurnia Septa baru saja menulis..Membuat Blog Terlihat Lebih Profesional

  • [H]Yudee :

    betuuulll kakak ….
    saya stuju ama tulisan kakak ….

    pokoknya hebring deh ….

    ^__^

    salam manis,

  • Natalia :

    Sekarang ini semakin banyak acara dan kerjaan.. kapan nulis blognya ya? #eh..
    Natalia baru saja menulis..Cerita tentang Perawatan Diri

  • Bukik :

    ehm begitu cepat ya trend ibukota…..
    Bukik baru saja menulis..10 Pembunuh Kreativitas

  • jarwadi :

    iya sih memang blogger sendiri lah yang bisa menentukan suatu acara layak atau ingin diblog-kan atau tidak. itu sepenuhnya hak blogger πŸ™‚
    jarwadi baru saja menulis..Paliyan: Data Asal Asalan Untuk e-KTP

  • andinoeg :

    setubuh, eh setuju
    andinoeg baru saja menulis..1st Anniversary

  • blontankpoer :

    cerita menarik, buat bahan renungan, ketika semangat blogging kian mengering… makasih, Pitra

  • Cara Mengobati Penyakit Kista Secara Herbal :

    wihh ada acara ni kayanya seru pengen ikutan dong

  • wisata indonesia :

    Banyak blogger-blogger generasi tua berguguran. Yang generasi muda jadi facebooker…

    Tinggal sisa-sisanya yang loyalis. seperti bajing loncat ini πŸ™‚

  • Rusa :

    Tuh kan Pitra emang benar πŸ˜€
    Rusa baru saja menulis..Berkebun Hore Bersama Surabaya Berkebun

  • Doni Punya Blog :

    Memang seru banget kalo jadi tamu undangan,secara judulnya aja tamu undangan..hee
    Kunjungi juga yah Web Flash saia Printing Machine. Salam Kenal.
    Doni Punya Blog baru saja menulis..Inilah Kumpulan Kolam Renang Eksotis Dunia

  • snydez :

    pasti blogpost ini karena abis dapat ‘undangan’ kopdar jakarta. #eh
    snydez baru saja menulis..paket data internet dan permasalahannya (bagian 2)

  • Kenta :

    ya karena blogger kerjasama ama google jadi klo kita buka web di blogger tuh gampang terindex di google
    Kenta baru saja menulis..β€œRTR” Remote Control Cars

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge