Home » Online Living

Seberapa Banyak Teman Anda Sebenarnya?

29 November 2011 6,222 views 22 komentar

Anda pasti punya teman Facebook yang banyak. Pasti lebih dari 500 orang yang Anda anggap sebagai teman di Facebook. Anda pasti punya follower di Twitter yang juga Anda follow balik. Jumlahnya pasti juga ratusan. Sudah jadi tren sejak era Friendster, kalau bergaul di online ya artinya akan bertemu dengan teman-teman baru. Mungkin demi pembuktian diri kalau seseorang itu eksis di social media, ada yang menyetujui permintaan permohonan teman di Facebook, siapapun dia, meskipun dia tak mengenalnya di dunia nyata.

Apa sih arti “teman” sebenarnya? Apakah “teman” itu hanya sekedar status yang bisa ditunjukkan di Facebook? Ataukah “teman” punya makna lebih dari itu? Berapa persen dari teman Anda di Facebook yang masih Anda kontak di dunia nyata? Kalau Anda bisa bilang 10%-nya saja, sudah hebat banget. Lalu berapa banyak dari 10% itu yang benar-benar Anda kenal luar dan dalam, yang selalu berbagi cerita dengan Anda tentang beragam hal?

Facebook tahun lalu pernah membuat survei kalau rata-rata seseorang di Facebook hanya mempunyai 120-130 teman. Memang sih ada yang punya 5.000 teman (bahkan sampai membuat akun tambahan), tapi ternyata jumlahnya sangat sedikit. Kenyataannya, manusia pun hanya bisa berkoneksi sosial dengan sekitar 150 orang. Kita bisa mengingat 1.500 wajah orang, tapi mungkin hanya sebatas tahu, dan belum tentu kenal betul.

Dari 150 orang itu, paling hanya 5 orang yang paling dekat dengan Anda (yang bisa juga anggota keluarga sendiri). Lalu level di atasnya ada sekitar 15 orang (termasuk 5 orang di atas) yang Anda sering bertemu dan berinteraksi setiap minggunya. Lalu di level atasnya ada sekitar 50 orang yang Anda temui dan berinteraksi setiap bulannya. Lalu sisanya adalah mereka yang mungkin jarang bertemu, tapi mereka punya hubungan yang berarti dengan Anda.

Tulisan ini bisa membantu untuk menemukan berapa banyak teman Anda sebenarnya di dunia nyata. Ketentuannya adalah sebagai berikut:

  1. Anda harus kenal dengan teman Anda itu di dunia nyata (tentunya ya).
  2. Anda harus ngobrol dan berkumpul dengannya minimal sebulan sekali atau pada periode tertentu.
  3. Rekan kerja yang Anda temui setiap hari tidak termasuk di dalamnya, kecuali Anda memang mengajaknya melakukan hal-hal yang Anda lakukan juga dengan teman-teman di luar kantor Anda atau keluarga Anda.
  4. Anda harus punya teman yang bukan rekan kerja. Kalau semua teman Anda adalah rekan kerja, berarti Anda tidak punya teman sebenarnya.
  5. Bukan teman musiman, artinya teman yang Anda ajak ngobrol dan bertemu dengan akrab selama beberapa saat, lalu Anda tinggalkan tidak termasuk di dalamnya.

Melihat penjelasan di atas, beruntunglah kita yang hidup ber-social media di Indonesia. Kita selalu suka kopdar, karena perjumpaan dan ngobrol-ngobrol di Twitter atau Facebook tidak pernah terasa cukup. Kehidupan online malah mendekatkan yang awalnya kita tidak kenal. Berawal dari sekedar kenal nickname di Twitter umumnya berlanjut dengan ngobrol di kafe atau nonton bareng.

Ingin tahu juga sih, apakah sudah pernah ada yang menstudi jumlah rata-rata teman nyata pengguna social media di Indonesia. Ada yang tahu?

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

22 komentar »

  • Ceritaeka :

    Kalo nemu studinya aku juga mau baca ya Pit ^_^
    .
    .
    .
    Ngitung kancing berapa ya teman asliku 😀
    Ceritaeka baru saja menulis..Rasanya Ada Kabut Di Mataku

  • Billy Koesoemadinata :

    jumlah teman yang bisa dikenal dan diingat itu juga pernah saya dengar pada salah satu pelatihan mengenai social media. angkanya kurang lebih sama, tapi ya itu dia.. sama-sama penasaran apakah ada studi nyata yang bisa dibaca laporannya?
    Billy Koesoemadinata baru saja menulis..tinggal di jakarta itu, harus “berani”

  • Rusa :

    kalau di Facebook aku lebih condong menganggap sebagai kenalan online, yg benar2 teman adalah yg ada interaksi, seperti saling komen statusnya atau saling nyapa di chatroom
    Rusa baru saja menulis..Berkebun Hore Bersama Surabaya Berkebun

  • Sabai :

    Kadang juga terjadi sebuah kelompok pertemanan yg seru, guyub dan akrab di dunia online malah jadi senyap dan kikuk ketika kumpul2 di dunia nyata. Sesudahnya pas berinteraksi lg secara online ya akrab lagi. Kalo begini, terbilang teman bukan Pit?

  • slamsr :

    saya dan mas pitra ini termasuk teman didunia maya saja
    pernah ketemu beberapa kali dan foto bareng di tung de blang… tapi belum sah kalo gak kenalan langsung keknya

    “cerita eka” aku bolomu mbakkk
    slamsr baru saja menulis.."Teamviewer" control komputer jarak jauh

  • jensen yermi :

    Kalo kualitas dan kuantitas interaksi jadi ukuran, maka yang saya sebut teman di dunia nyata ada 4 orang, sementara blogger ada sekitar 50an orang (sekitar selusin diantaranya belum pernah kopdar). 😀
    jensen yermi baru saja menulis..Saya dan Komunitas Blogger (Jayapura)

  • sibair :

    ah iya, kadang juga mikir gitu. Kita udah punya banyak bgt list temen. Tapi cuma sekadar status aja. Yang bener-bener deket dan ngerespon saat online gak sampe 5-10%
    sibair baru saja menulis..Meletakkan batu dan mengurus korban bencana sama susahnya

  • Tantangan: Berapa Teman Twitter yang Kamu Ingat? :

    […] yang Kamu Ingat? Posted in social media on November 30th, 2011 Tweet Gara-gara tulisan saya di blog satunya, saya jadi kepikiran, berapa sih sebenarnya teman online yang memang saya ingat dan kenal. Kadang […]

  • Pitra Satvika (penulis) :

    @sabai:
    Ya teman kali ya, cuma belum jodoh.. (eh ini bukan gara2 pdkt online kan?) 🙂

    @slamsr:
    Salam kenal mas.. sabtu ke ON|OFF gak?

    @jensen:
    Ada satu artikel di luar yang menyebutkan hal serupa. Kenyataannya yang benar-benar teman, saling cerita dan berbagi, jumlahnya nggak sampai 5 orang. Jadi wajar kok.

  • venus :

    pit, boleh aku kutip buat bahan tulisan di kolom sebelah sana itu yes? makasih 😀

  • Bung Iwan :

    teman saya 230 an orang 80% kenal. justru agak2 males menerima pertemanan dng orang yg kurang saya kenal.
    kalo memang mau temen banyak, mendingan bikin fanpage 🙂

  • Cara Mengobati Penyakit Gagal Ginjal Secara Alami :

    waahh,,kagak tahu tuh gan,,saya belom pernah melakukan penelitian,,hehehe

  • Rukmana Mulya :

    temen saya di facebook banyak juga sekitar 2000 lebih tapi yang sering berkomunikasi aktif hanya sekitar 5% dari jumlah tersebut.mungkin sebagian orang berfikir punya banyak temen di facebook itu menandakan kalau mereka itu banyak kenalan dan eksis,tapi pada kenyataanya pasti sebagian besar temen-temen di list facebook mereka banyak yang gak kenal.bukan begitu sodara sodara 😀 ?
    Rukmana Mulya baru saja menulis..Saring Situs Negatif dengan Nawala

  • kerja online :

    …. jujur aza…. banyak temen di Fb yang nggak saya kenal….

  • fransiska yulicheminch :

    kurang tw jga ea,nti aja tnya na tngu sya jdi dokter wxwxw…

  • Mega :

    Banyak te,an di FB yang belum sempat dikenal.
    Mega baru saja menulis..Lowongan Kerja Di PT. ARGHA KARYA PRIMA INDUSTRY, Tbk

  • Togap :

    setiap permintaan pertemanan di FB saya pasti saya terima, bahkan dari seseorang yg ga punya ‘mutual friend’ dgn saya sekalipun.
    tapi jika dalam 1 atau 2 bulan ga ada interaksi, biasanya saya hapus. 🙂
    Togap baru saja menulis..Desember 2011

  • kasgus :

    bner bgt tuh artikel na,..
    kita hanya bisa mnghapal wajah,…

  • Yadi :

    Saya sendiri biasanya gak mau confirm org yg gak dikenal. Rata2 temen d fb yang dapet tuh dari group2 yg aq join dan rata2 pasti sehobi or seprofesi
    Yadi baru saja menulis..[Video Tutorial] Cutting Plan Elbow 90 Degree

  • indobeta :

    kira kira yang punya temen sampe ribuan keatas bisa inget ga ya wajah dan namanya
    indobeta baru saja menulis..Pakaian Adat Bali

  • Propolis Brazilian :

    Iya juga ya kadang2 suka mikirin..
    Banyak teman yg respon di status FB atau Twiter tapi pas dilihat profilnya ternyata ga kenal.. He2..he

  • kuikai :

    hidup bersosialisasi buat kita tuh mengenal karakter orang sebenarnya dan lagi untuk mengetahui sifat2 mereka itu aja,, pokok asyik dunia nyata klo berteman
    kuikai baru saja menulis..adult site experience sharing

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge