Home » Online Branding

Refleksi 2011: Tips Twitter untuk Pemilik Akun Brand

8 December 2011 5,500 views 19 komentar

Selama tahun 2011 kemarin banyak muncul kejadian lucu di beragam akun Twitter milik brand. Nggak semuanya sih sempat tercatat, tapi kalau sempat jadi bahan omongan, pasti tweetnya akan dibuat tangkap gambarnya (hihihi, sebelum yang punya akun sadar dan menghapus tweetnya). Nah, berikut ini adalah 6 tweet yang sempat ditangkat. Mudah-mudahan ada hikmah yang bisa diambil ya.

1. Jangan mengespam follower Anda sendiri

Maksudnya sih memberitahu kalau ada promo khusus untuk gerai Starbucks di beberapa mal. Namun cara yang dilakukan tidak dengan menggunakan reply, tapi tweet umumnya. Per tweet pun dilakukan dalam rentang jarak yang sebentar. Akibatnya, untuk semua follower akun Starbucks, hal ini jadi terasa mengganggu, karena semua tweet Starbucks ini jadi membanjiri linimasa mereka.

2. Jangan menyakiti basis konsumen yang sudah loyal kepada Anda

Tweet yang disampaikan First Media ini memang kebijakan dari korporatnya. Sayangnya kebijakan itu mencederai pelanggan yang sudah loyal. Waktu itu seiring dengan berlakunya UU ITE, First Media secara sepihak (tanpa konfirmasi dengan pelanggannya), melakukan block terhadap Torrent. Tiba-tiba di hari itu, semua pengguna heran kenapa tidak ada yang bisa mengakses Torrent. Setelah ditanyakan ke akunnya, baru ada pemberitahuan resmi di tweet First Media mengenai pemberlakuan block ini. First Media berasumsi kalau Torrent digunakan oleh pelanggan untuk mengunduh bajakan.

Tindakan ini diikuti protes para follower-nya. Makian pun bermunculan dari mana-mana. Namun akhirnya keputusan First Media ini pun dibatalkan. Keesokan harinya akses Torrent sudah dibuka kembali.

3. Jangan membuat kelucuan tentang diri Anda sendiri

Menteri yang satu ini memang suka bikin ulah. Ulah yang membuat dirinya jadi bahan lelucon banyak orang. Salah satunya adalah saat ia menulis tweet alay. Mungkin tujuannya supaya akrab dengan kebanyakan pengguna Twitter yang masih remaja. Akibat yang didapat adalah sebaliknya. Ia malah yang dijadikan bahan guyonan. Saking banyak yang mencelanya, tweet ini pun sempat muncul menjadi trending topic Indonesia.

4. Tetaplah sesuai pada karakteristik brand Anda

Yang jelas ini bukan admin yang salah mentweet karena tweet ini tidak dihapus sama sekali. Agak aneh saja sih melihat isi tweet ini, apakah memang ini pencitraan yang disajikan oleh brand Yaris? Memang sih, karakter Yaris di Twitter memang selalu agak witty, tapi mungkin perlu ada batasan kali ya. Entahlah apakah setelah ini, kalau orang mendengar kata kerokan dan bulu hidung, yang muncul di benaknya adalah Yaris?

5. Kendalikan manajemen akun Anda.

Kalau kasus yang menimpa Burger King jelas masalah admin yang tidak benar. Bisa jadi si admin men-tweet di akun yang salah. Kejadian sekali salah tweet seperti ini mungkin masih dimaafkan, karena toh admin juga manusia. Namun kalau sampai terjadi dalam 2 hari berturut-turut itu namanya nggak belajar.

Sekedar tips, untuk para admin brand, untuk terhindar dari kecerobohan ini, sebaiknya Anda menggunakan aplikasi klien Twitter yang terpisah sama sekali dengan aplikasi yang dipakai untuk pribadi. Meski banyak aplikasi klien Twitter yang menyediakan fitur multiple account, tapi kecerobohan seperti ini pasti bisa terjadi. Pencegahan paling aman adalah dengan menggunakan aplikasi yang berbeda sama sekali.

6. Jangan ngomong jorok.

Ini sih berlaku untuk semua ya, nggak hanya untuk akun brand. Namun kalau yang menulis tweet kata-kata jorok ini adalah brand seperti Metro TV, tentu sungguh malu luar biasa. Mungkin karena keteledoran admin ini (misal: membiarkan ponselnya tergeletak), membuat orang yang tak bertanggung jawab bisa mengakses akunnya. Kecerobohan yang ternyata berdampak fatal terhadap pencitraan Metro TV.

Seharusnya masih banyak sih ya kejadian lucu brand lainnya di Twitter, namun sayang tak terekam jejaknya. Semoga saja, 6 contoh di atas bisa membuat akun brand lebih refleksi diri dan berhati-hati lagi di tahun 2012.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

19 komentar »

  • Billy Koesoemadinata :

    untuk nomer 2, kadangkala kebijakan corporate itu tidak segera dikomunikasikan kepada “operator” twit/social media. sehingga, terkesan lamban. akan tetapi, lebih baik telat daripada tidak sama sekali.

    untuk nomer 4, menjaga karakter itu memang penting. hal ini yang perlu dikomunikasikan dengan pihak klien, yang acapkali meminta “brand” untuk terlihat lebih gaul dan up to date, namun kurang memberi supervisi dan atau batasan.

    untuk nomer 5, untuk menghindari hal tersebut perlu trik sederhana, seperti gunakan twitter via web khusus untuk brand, dan aplikasi untuk pribadi. tapi untuk brand yang tertera screen shotnya di atas, itu lucu juga. kejadiannya koq ya sampe 2 hari berturut-turut.. πŸ˜†
    Billy Koesoemadinata baru saja menulis..Short Story #73: Tanggung Jawab

  • sabai :

    Wah, pitra rajin banget membuat dan menyimpang screen shots dari macam2 contoh twit itu! Kalo brand yg kultwit berenteng sampe puluhan biji gimana Pit, oke gak tuh?
    sabai baru saja menulis..Cerita Panji

  • Oom Yahya :

    Terima kasih wejangannya, Kakak Pitra.
    Siapa tau suatu kali saya dipercaya memegang akun twitter suatu brand, tips Kakak berguna sekali

  • Bukik :

    Wahaha datanya mantap…..
    5 poin awal itu prinsip dalam pengelolaan akun
    poin ke-6 sepertinya….masuk dalam poin ke-5, ketedoran dalam pengelolaan akun. Cuma beda kasus
    Atau kalau dipisah, lebih ke soal etis sepertinya
    Bukik baru saja menulis..Pencerita Jalanan, Aksi Kreatif Menghidupkan Taman Kota

  • Pitra Satvika (penulis) :

    @sabai:
    memang pernah ada brand yang kultwit? kalau tahu dan nemu, pasti akan dimasukkan di point di atas.

  • weeko :

    Wah sangat bermanfaat sekali, kebetulan saya juga dipercaya sebagai admin untuk sebuah media, pernah suatu waktu twit yg seharus utk akun pribadi terpublish melalui akun twit perusahaan. Untung cepat sadar dan lsg dihapus.
    Makasih banyak, lho infonya.

  • Aplikasi Symbian's blog :

    bener mas saat qt ngeTWIT hal2 sepele bisa jadi bumerang. Tank ya inp0nya
    Dunia Blog Dunia Persahabatan Tanpa Batas | Aplikasi Symbian Blog

  • Kurnia Septa :

    tanggapi keluhan dan pertanyaan konsumen anda
    Kurnia Septa baru saja menulis..Twitter untuk Meningkatkan Pengunjung Blog

  • Rusa :

    Paling parah sebenernya si Burger King ya, tapi paling lucu dan gokil ya si Metro Tv =))
    Rusa baru saja menulis..Thanks to Nature, Surabaya Berkebun dan Bu Risma

  • Natalia :

    Buat kasus no 5… Sayang permintaan maafnya juga agak typo (dan gua gatel lihatnya hahaha)..
    Seharusnya “inconvenient” dan “inconvenience”.. orang suka salah jadi inconvinient dan inconvinience ya πŸ˜› #nathpedantic
    Natalia baru saja menulis..Cerita tentang Perawatan Diri

  • Yolanda :

    Artikelnya keren gan, no hoax lah
    kan sudah ada buktinya.
    Ane kasih cendol deh gan :bd
    haha

  • Analisis Jabatan di Bidang Media Sosial | Bukik Ideas :

    […] “kelucuan” dalam penggunaan akun media sosial, sebagaimana ditulis oleh @pitra diΒ Tips Twitter untuk Pemilik Akun Brand. Pertanyaannya, apa materi yang perlu […]

  • drg.nella :

    pemegang akun brand harusnya profesional, jika perlu dia sendiri malah gak punya akun personal untuk memperkecil peluang terjadinya kesalahan fatal seperti kasus metr0_TV itu πŸ™‚
    drg.nella baru saja menulis..Gigi Sensitif: Penyebab dan Perawatannya

  • Sarita :

    Wah, thank’s buat @pitra dapat banyak pencerahan dari artikel ini.
    BTW, data nya lengkap banget ya… πŸ™‚

  • Yodhia @ Blog Strategi + Manajemen :

    Tulisan ini layak di-print dan wajib dibaca oleh semua pemilik akun brand.

    Tulisan yang sangat informatif.
    Yodhia @ Blog Strategi + Manajemen baru saja menulis..Berapa Besar Bonus Akhir Tahun yang akan Anda Terima Kali ini?

  • Tongkonanku :

    Wah, ternyata banyak juga ya hal-hal lucu dan menarik dari tweet2 brand. Saya sih jarang memfollow twitter brand (hanya beberapa aja). πŸ™‚
    Tongkonanku baru saja menulis..Amerika Ricuh Akibat DISKON Holiday Shopping

  • Aar :

    Terima kasih mas.
    Nggak kebayang kalau di akun brand bisa muncul kayak twit-nya Metro. πŸ˜€
    Aar baru saja menulis..Manajemen Harapan ala Dahlan Iskan

  • Arwuda :

    Gan, thx informasinya.. Mungkin kita bisa saling berbagi informasi nih.. Kunjungan balik yah ke http://arwudaindonesia.wordpress.com
    Harus banyak belajar dari agan senior neh…
    Arwuda baru saja menulis..Fungsi Agensi Media Sosial

  • Abdul Azis :

    Klo akun yang kita pegang akun lembaga sosial bagaimana kang Pitra?

    *makasih share-nya ya

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge