Home » Experiential

Refleksi 2011: Dunia Online Nggak Asyik Tanpa Kopdar

20 December 2011 4,079 views 17 komentar

Kebiasaan kopdar sepertinya sudah mendarah daging bagi netizen Indonesia. Aktif dulu di ranah daring, lalu pasti akan diikuti oleh ngumpul-ngumpul di dunia nyata. Makanya nggak heran, semakin banyak muncul komunitas baru yang pergerakannya dimulai dari ranah daring. Di tahun 2011 ini, bukan hanya kegiatan ngumpul-ngumpul yang diinisiasi komunitas yang semakin banyak, tapi juga muncul beberapa event berskala besar yang dihadiri kumpulan komunitas.

Berikut ini beberapa kegiatan yang berawal dari social media dan berakhir menjadi jumpa kopdar, yang diadakan di tahun 2011:

Piknik Asik

Akhir bulan Januari beberapa orang di Twitter mengajak siapapun yang mau untuk ikutan ngumpul bareng di taman. Bukan di mal, bukan di restoran, bukan di kafe, tapi di tempat terbuka. Kebon binatang Ragunan menjadi pilihan tempat kopdar pertama. Acaranya fun, murni piknik dan saling kenalan. Kegiatan ini lalu berulang kali terjadi selama setahun kemarin, hingga yang terakhir diadakan minggu lalu di Taman Monas.

TEDxJakarta

TEDx adalah kegiatan independen para pecinta program TED. Sudah beberapa kali kegiatan ini dilakukan, dan pada bulan Maret kemarin, pengunjungnya membludak. Lebih dari 500 orang menghadiri kegiatan yang diselenggarakan di @america ini.


Twitalk Anniversary

Di akhir bulan April, Twitalk (@twitalkID) yang setiap minggunya menyelenggarakan kegiatan tanya jawab di Twitter, menyelenggarakan ulang tahun pertamanya. Acara ini dihadiri oleh hampir semua orang yang pernah diajak tanya jawab di ranah daring. Banyak pelaku industri digital yang hadir di perhelatan ini.

Kopfest

Acara ini diselenggarakan oleh Yahoo! Koprol pada bulan Juli, sebagai peringatan 1 tahun sejak diakuisisinya Koprol oleh Yahoo! Yang hadir di acara ini memang kebanyakan adalah komunitas yang terbentuk di dalam Koprol itu sendiri. Acaranya lumayan meriah sih, penuh musik dan hiburan. Yang lucu, beberapa pengguna Koprol senior pun diajak untuk menjadi maskot di acara ini.

Social Media Festival

Mungkin inilah perhelatan terbesar social media di tahun 2011. Social Media Festival diselenggarakan selama 3 hari di bulan September, menghadirkan puluhan komunitas, brand, organisasi, dan dihadiri puluhan ribu pengunjung. Yang membuat acara ini sukses adalah komunitas yang ikut berpartisipasi di dalamnya. Mereka yang menggaungkan sendiri acara ini. Bayangkan kalau puluhan komunitas itu menggaet massanya masing-masing dan menjadikan Social Media Festival ini sebagai sentra kopdar? Dampaknya sungguh luar biasa.

ON|OFF

Ini adalah bentuk baru dari Pesta Blogger, karena dirasakan dunia social media jauh lebih luas, dan tak hanya mencakup blogger. Meski bentukan baru, sayangnya acara yang diselenggarakan masih mengikuti pola Pesta Blogger. Entah karena gaungnya sudah mulai melemah, atau karena sudah ada perhelatan Social Media Festival beberapa bulan sebelumnya, acara ini tidak seramai Pesta Blogger di tahun-tahun sebelumnya.

PictFest

Perhelatan ini bisa dibilang versi mikronya Social Media Festival. Dikelola oleh instansi yang sama, namun lebih fokus pada komunitas yang bergerak di dunia fotografi dan videografi. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari tepat seminggu setelah acara ON|OFF berlangsung.

So-Me Playground

Kalau mau ngomong perhelatan social media yang paling gagal adalah ya So-Me Playground ini. Untuk sebuah acara yang (seharusnya) berawal dari social media, acara ini sangat minim gaung buzz-nya. Bisa jadi karena acara ini memang diselenggarakan sendiri oleh brand Axis, tapi tidak melibatkan pergerakan komunitas di awalnya.

Akhirnya acara yang diselenggarakan di 8 kota ini bisa dibilang tak berbeda dengan acara konser musik biasanya. Di Jakarta acara ini dilakukan di Pantai Karnaval Ancol dengan pengunjung yang tak terlalu banyak. Katanya di kota-kota lain pun sepi pengunjung pula. Beberapa berkomentar di Twitter kalau bahkan para pelaku aktif social media di kota itupun malah nggak tahu ada acara ini.

Pastinya masih ada lagi acara-acara serupa yang diselenggarakan di berbagai kota. Kalau teman-teman punya info tentang ini, boleh loh diceritakan di sini.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

17 komentar »

  • Rusa :

    Tuh kan apa Rusa bilang, tidak melibatkan komunitas paling tidak peserta, pada So-Me membuat acara ini kurang begitu diminati πŸ˜€

    Sebenernya ada beberapa event kopdar lainnya, yang juga tak kalah meriah, kenapa gak kamu tulis juga Pit?
    Rusa baru saja menulis..Menjadi Kreatif dan Inovator Pengubah Dunia

  • Sabai :

    Kak Pitra datang semua ke acara2 ini? Keren..eksis banged!

  • Pitra Satvika (penulis) :

    @Rusa: tambahkan dong di komentar.
    @Sabai: yang terakhir nggak datang kok.

  • Bukik :

    Tahun ini aku ikut beberapa kopdar
    Pertama, Bincang Edukasi yang menjadi platform *halah ruang kopdar bagi para komunitas pendidikan terutama sejauh ini yang aktif di media sosial. Aku ikut Bined I di Surabaya dan Bined IV di Jakarta
    Kedua, Blogger Nusantara yang baru pertama kali diselenggarakan dan kebetulan diadakan di dekat rumah, sekitar 3km
    Ketiga, Kopdar Surabaya, tempat ngumpulnya komunitas online Surabaya tapi eh sepertinya sudah berubah…
    Keempat, Fresh Surabaya, kopdarnya pelaku industri digital (Pitra, kok Fresh gak masuk di postingmu?)
    Kelima, Kopdar @IDcerita di Jakarta, Semarang dan Surabaya
    Keenam, Kopdar @IDbermain di Surabaya
    Eh banyak juga ya ternyata…..
    Bukik baru saja menulis..Analisis Jabatan di Bidang Media Sosial

  • drg.nella :

    sama sekali belum pernah ikut kopdar πŸ™‚
    drg.nella baru saja menulis..Gigi Sensitif: Penyebab dan Perawatannya

  • slamsr :

    disemarang juga sekarang banyak kopdar para onliner…
    blogger nusantara juga rame tuh…
    dan SO-Me sepi..
    slamsr baru saja menulis..R1C1 dan Automatic Calculation Ms Excel

  • Dimas :

    So-Me Playground sayang sekali ya Pit bisa sepi, harusnya bisa jadi gong dengan bintang tamu yang dihadirkan. Tapi dari tempatnya aja udah jauh gitu, kayaknya kalau daku di Jakarta pun juga mikir mau kesana :))
    Dimas baru saja menulis..#DearBangkok: weekend nan seru di Bangkok!

  • Pitra Satvika (penulis) :

    @bukik: wahihi mas Bukik gaul. Iya, list kegiatan yang ada di luar Jakarta agak miss, soalnya nggak hadir, jadi nggak ingat πŸ˜€
    FreSh nggak dihitung ah, kan sudah rutin. Ini cerita yang baru-baru saja.

    @drg nella: mbak harus ikutan sekali2. Biar kenalan langsung πŸ™‚

    @slamsr: hmm tuh kan So Me sepi juga di kota lain. Salah siapa coba?

    @dimas: betul, kayaknya sih EO-nya nggak kenal dunia social media, jadi treatmentnya nggak beda dengan cara bikin event musik biasa.

  • dimasgr :

    betul banget mas pitra, So-Me buzz-nya baru keliatan beberapa hari sebelum acara. Jadi yang gak tau ada event ini ya nganggepnya cuma event dadakan aja. Seharusnya kalo emang acara untuk SocMed ya lebih dikuatkan lagi marketing via socmednya, bukan cuma via twit & fanpage brand yg bersangkutan aja. Dan yang paling mungkin EO-nya ini cuma ngerti bikin konser aja, jadi ya fokus di panggungnya bukan di SocMednya.

    Saya dateng di So-me dan ngerasa miris aja gitu.. hahaha.

    Mungkin brand ini harus lebih belajar bagaimana menggaet komunitas dan para buzzer di SocMed biar tahun depan lebih rame *kalo masih ada sih* πŸ˜€
    dimasgr baru saja menulis..Teruntuk : Pagi

  • Rudy :

    Mau nanya kopdar itu apa?koperasi daerah yah?

  • Kurnia Septa :

    Foto ilustrasinya keren ya…
    Sering membaca acara2 kopdaran (kopi darat) gitu, bikin pengen. Soalnya saya juga termasuk yg belum ikutan kopdar πŸ™

  • andipandora :

    wah..seneng ya bisa kopdar…ketemu orang-orang satu hobi…

  • ylaskar :

    wah sayangnya saya ada dikalimantan,, cb klo djawa, pasti bisa ikutan ,,

  • Adel :

    Tulisannya inspiring banget
    Saya dapet ilmu banyak nih
    Ternyata socmed punya efek yg dahsyat buat brand ya

    Di kota saya juga ada komunitas yg sepertinya akan tumbuh
    nama akun twitternya @sukabumitravel. Seperti namanya, isinya para pecinta traveling Sukabumi.

    Ditunggu tulisan2 tentang socmed lainnya mas Pit
    Adel baru saja menulis..Welcome to Batiks.web.id – Indonesia Batiks Gallery

  • Ngadiyo Prb :

    saya sangat setuju dengan adanya progres dari suatu komonitas tapi jangan lupa lo ? suatu komonitas itu seharysnya mendapatkan nilai tambah ,suatu saat nanti saya akan membangun komonitas yang berkaitan dengan web saya.Sukses!!!

  • obat herbal kista :

    lihat poto diatas jadi pengen ikutan kopdar
    obat herbal kista baru saja menulis..ciri ciri kanker payudara

  • raihan :

    sepertinya asik juga acara2nya, biasanya kalo ada even kopdar itu diumumkan terbuka atau tertutup (member2nya sj) sih????
    raihan baru saja menulis..Paket Umroh 2012

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge