Home » Online Living

Refleksi 2011: Banyaknya Aktivitas Social Media

27 December 2011 4,419 views 13 komentar

Masih lanjutan 3 tulisan sebelumnya, kali ini mau ngebahas beragam hal menarik lainnya di dunia social media Indonesia selama tahun 2011 ini. Ini sekedar untuk menambahkan yang luput dari 3 tulisan sebelumnya.

Berkembangnya akun anonim Twitter

Jumlah akun anonim Twitter semakin banyak, dan pertumbuhan follower-nya pun semakin tinggi. Sepertinya banyak orang yang semakin kreatif memanfaatkan Twitter sebagai medium permainan kata-kata. Akun-akun anonim seperti ini banyak di-follow oleh pengguna Twitter yang masih muda dan baru. Hal ini pula yang membuat para akun anonim ini dilirik oleh brand untuk β€œditebengin” pesan komunikasi. Biasanya brand akan menitipkan pesannya dalam bentuk kuis dengan hashtag tertentu.

Banyaknya gerakan sosial bermunculan.

Mungkin hanya di Indonesia di antara seluruh penjuru dunia yang punya gerakan sosial terbanyak yang tumbuh melalui social media. Twitter ternyata menjadi medium komunikasi dan koordinasi yang ampuh saat letusan Merapi di akhir 2010. Sejak saat itu, semakin banyak gerakan sosial berbasis crowdsourcing bermunculan. Lihat saja @IDberkebun yang memanfaatkan Twitter untuk menggerakkan ide menanam penghijauan di lahan-lahan kosong kota. Lalu @IDcerita yang mencoba melakukan pendidikan anak melalui cerita. Atau @selamatkanibu yang membangun penyadaran tentang kesehatan ibu melalui Twitter.

Pertumbuhan pengguna Instagram yang luar biasa

Aplikasi Instagram dipilih sebagai aplikasi terbaik oleh AppStore. Di Indonesia sendiri, bisa jadi aplikasi ini menjadi alasan utama orang untuk membeli iPhone. Komunitas iPhonesia (yang berawal dari mailing list) ikut tumbuh. Hashtag #iphonesia menjadi salah satu hashtag tertinggi di Instagram. Biasanya (meski tidak selalu sih ya) hashtag #iphonesia ini dipakai untuk foto-foto yang berasal dari komunitas iPhonesia. Saat ini ada 1.900.000 foto Instagram dengan hashtag ini, dengan pertumbuhan lebih dari 200% setiap bulannya. Di awal tahun dulu bahkan sempat tumbuh 300%. Bisa dipastikan ini masih akan terus tumbuh di tahun 2012.

Munculnya selebriti dadakan

Bulan April 2011 kemarin ada Briptu Norman yang tiba-tiba terkenal karena videonya di YouTube. Gara-gara itu, ia menjadi sorotan televisi dan bahkan ditawari untuk manggung dimana-mana. Unik memang melihat video rekaman yang iseng-iseng dibuat ternyata menjadikannya selebriti terkenal. Berkebalikan dengan Ayu Ting Ting. Namanya yang mencuat di televisi, membuatnya ikut terkenal pula di Twitter. Ia baru saja membuat akun di awal Oktober 2011 (setelah akun sebelumnya dibajak, katanya), dan sekarang sudah memiliki 141.000 follower (tumbuh lebih dari 2.000 follower per hari).

Trending topic sudah hal yang lumrah

Dulu pertama kali topik dari Indonesia masuk dalam trending topic dunia adalah saat gerakan Indonesia Unite bulan Juli 2009. Tahun 2011 ini Indonesia panen trending topic. Dari sekedar jawaban kuis yang diadakan akun anonim @cumanNANYA, hingga hashtag brand Pocari Sweat yang dipicu oleh pernyataan selebriti bola @IrfanBachdim10. Bisa dipastikan setiap ada perhelatan nasional (entah itu pertandingan bola, Sea Games, dll) hingga meme tak penting yang diikuti oleh para ABG di Twitter, menjadikan pembicaraan tentang hal itu menjadi trending topic dunia.

Rekor checkin terbesar di Indonesia

Awal tahun 2011 masih banyak aktivitas Foursqure di Indonesia. Di bulan Maret, BlackBerry menyelenggarakan konser Live & Rockin’ di Kemayoran. Pengguna yang checkin di event ini akan mendapatkan badge khusus asli dari Foursquare. Karena ini adalah pertama kalinya ada di Indonesia, maka berbondong-bondonglah orang checkin di sini (meski tak selalu yang checkin hadir di lokasi). Dari Foursquare bisa diketahui kalau ada 19.000 orang yang datang, 31.000 kali checkin, dan ada 286 tips di event ini.

Ini hanya beberapa hal menarik yang sempat direkam selama tahun 2011 di dunia social media Indonesia. Tentunya masih ada hal-hal yang terlewat, karena luas dan masifnya penggunaan social media di Indonesia.Β Ada yang mau menambahkan?

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

13 komentar »

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge