Home » Online Branding

Pinterest dan Brand

8 February 2012 17,730 views 26 komentar

Setiap kali ada aplikasi social media baru yang lagi menanjak popularitasnya, otak ini selalu memikirkan, apa ya yang bisa diadaptasi oleh brand di sini? Saat Instagram dulu mulai populer, yang dipikirkan adalah dengan cara apa nanti brand bisa masuk di dalamnya. Nah sekarang ada lagi yang mulai menanjak popularitasnya. Namanya Pinterest, sebuah aplikasi visual bookmark.

Kalau dilihat fungsinya, sebenarnya Pinterest nggak jauh berbeda dengan Tumblr. Kalau di Tumblr ada reblog, maka di Pinterest ada repin. Konsepnya pun serupa, melakukan posting ulang terhadap apa yang sudah di-posting sebelumnya oleh pengguna lain. Ada pula like, yang fungsinya tak berbeda dengan Tumblr atau Instagram. Kita bisa menyimpan posting orang lain yang kita suka.

Yang membedakan dengan Tumblr, di Pinterest kita bisa membuat kategori sendiri. Bebas. Istilahnya board. Kita bisa follow orang lain dan mengikuti semua board-nya, atau kita bisa follow hanya board yang kita sukai saja. Pinterest juga lebih kuat secara visual. Lebih tepat untuk mengumpulkan koleksi visual di sini daripada di Tumblr. Namun jangan jadikan Pinterest sebagai tempat menulis blog, karena memang fungsinya nggak cocok untuk itu.

Setiap situs layanan social media pasti punya aturan mainnya sendiri. Etika beraktivitas di Pinterest sendiri bisa dibaca di sini. Yang menarik di sini adalah poin ini:

Avoid Self Promotion

Pinterest is designed to curate and share things you love. If there is a photo or project you’re proud of, pin away! However, try not to use Pinterest purely as a tool for self-promotion.

Ini yang membedakannya dengan Twitter atau Facebook, tempat brand dengan lantang berjualan tentang dirinya sendiri. Pinterest adalah tempat untuk mengkurasi koleksi visual yang memang kita suka. Seharusnya, kalau brand mau masuk ke Pinterest, maka yang perlu dilakukan bukanlah memamerkan koleksi TVC/print ad/kampanyenya, tapi cobalah mengkurasi gambar-gambar visual yang mencerminkan lifestyle brand tersebut. Bodoh-bodohannya begini, kalau sebuah brand punya hobi, maka apa sih hobinya? Nah coba tampilkan koleksi visual (dari manapun) yang bisa menunjukkan hobi si brand.

Jadi apa yang bisa dilakukan brand di Pinterest?

Kontes

Salah satu brand fashion luar, Land’s End Canvas, sempat membuat kontes pin. Pengguna dipersilakan mengkurasi pin-pin berisikan gambar koleksi brand ini. Pengguna tinggal menjelajah situs Land’s End Canvas, lalu melakukan pin terhadap item yang disukai. Pemenang dipilih berdasarkan koleksi item yang paling keren dan stylish. Melalui kontes ini, brand diuntungkan karena koleksi produknya tersebar di Pinterest dengan cepat.

Mengkurasi gambar sesuai karakteristik brand

Cek AMDΒ di Pinterest deh. AMD nggak mungkin juga memamerkan processor komputer di sini, karena nggak ada keren-kerennya. Yang ditampilkan AMD di Pinterest adalah kurasi gambar-gambar yang identik dengan geek dan IT. Ada sih board AMD yang menampilkan notebook yang menggunakan processor-nya, namun selebihnya adalah board yang bersifat fun. AMD juga menggunakan Pinterest untuk menampilkan dokumentasi kegiatan pameran.

Pamer, tapi dengan cara lebih halus

Yang paling enak untuk pamer di Pinterest adalah brand yang berhubungan dengan fashion, makanan, dan travel. Cek GAP deh, yang menampilkan koleksi fashion-nya. Salah satu board di akun ini mengkurasi foto-foto di banyak fashion blog yang menggunakan produk GAP. Ada pula sih board yang isinya murni β€œjualan” karena memamerkan koleksi terbaru dari situsnya.

Hal serupa dilakukan pula oleh Etsy yang mengkurasi item dari situsnya sendiri. Banyak koleksi item Etsy dipisah dalam beberapa board berdasarkan fungsinya (misal: untuk hadiah, untuk pernikahan, dll). Etsy bahkan nggak sungkan menuliskan harga di setiap pin-nya. Di Pinterest kalau kita menuliskan keterangan dengan tanda $, maka otomatis ini akan dianggap sebagai harga produk yang kita pin.

Promosi wisata

Ini sudah dilakukan secara tidak langsung oleh Travel Channel. Akun ini mengkurasi atraksi wisata menarik dunia, dipisahkan berdasarkan pantai, kota, hewan, makanan, dll. Pinterest juga menjadi salah satu cara untuk cerita di balik layar kegiatan dokumentasi yang dilakukan Travel Channel.

Hmm, seharusnya kalau mau, kita bisa bikin hal serupa tapi untuk Indonesia nih. Pinterest memungkinkan satu akun dikurasi oleh banyak orang. Nah, seandainya saja teman-teman di Indonesia ini bisa mengkurasi foto-foto kekayaan alam Indonesia, tentu akan menarik. Sekalian menjadikan Pinterest sebagai ajang promosi wisata negeri ini.

Referensi lain seputar Pinterest dan brand silakan cek tulisan ini dan ini.

Sumber gambar: Robin Redd

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

26 komentar »

  • Alderina :

    Wah sudah ada brand lokal yg gabung tapi masih malu-malu :”>

    Nanti aku update yang bray!
    Alderina baru saja menulis..Alderina Mixtape : Love Comes True

  • Antyo :

    Dan saya pun semakin yakin bahwa pada setiap platform penghasil konten, yang rame adalah berbagi konten eksternal karena itu yang lebih gampang daripada membuat konten.
    Dalam berbagi ada percakapan — dan itu bagus buat trafik dan statistik lainnya.

    Dalam pembuatan konten sendiri, belum tentu ada percakapan — makanya hanya cocok untuk orang yang berkonten untuk diri sendiri. πŸ˜€

    Kalau niatnya adalah memancing dan menggerakkan konversasi melalui sharing, memang benar bahwa pembuat harus kreatif sehingga kontennya layak bagi, layak repost, layak reblog, layak repin. Bagi brand ini sangat penting.

    Bagi perorangan yang sangat sosiabel, dan sadar personal branding, pasti dong sangat penting.
    Lha kalo media sosial isinya orang yang selfish dan introvert, rugi dong si penyedia layanan. Orang macam itu hanya menjadi beban bagi server karena berkonten buat diri sendiri :)) Yang ekstrem, gak dibaca dan gak dikomentari, bahkan URL-nya gak diketahui orang, pun tetap bikin konten.

    Orang pede dan cuek memang kadang ngeselin πŸ˜€
    Antyo baru saja menulis..Mesin Fotokopi

  • sabai :

    Kalau produknya jasa, tampaknya perlu trik khusus utk nampang di pinterest…. misalnya jasa sekuritas, layanan penyembuhan, chiropractice dll gitu
    sabai baru saja menulis..Japanese Funny Ads

  • Radix :

    Yg paling untung dgn adanya Pinterest ini emang brand2 yg menawarkan produk/jasa yg berhubungan dengan visual (minimal aspek visual masuk salah satu keputusan pembelian konsumen). Fashion, furniture, otomotif, desain interior, arsitektur, desain grafis, dll.

    Yg sulit emang yg gak berhubungan dgn visual, kayak perbankan, security, mining, FMCG (walopun mungkin utk yg berhubungan dgn personal care), dll.

    Salah satu yg menurutku wajib dilakukan brand yg masuk Pinterest: gausah pake copyright. Cukup pake Creative Commons aja. Karena semakin sebuah pin menyebar viral, semakin bagus πŸ˜€

  • Rusa :

    Blog ini panutan banget buat brand-brand ya Pit. Keren!
    Aku belum punya akun ini, masih nunggu invite dari anak cerdas πŸ˜€
    Rusa baru saja menulis..Facebookan Gratis Seumur Hidup

  • hotel murah di jakarta :

    sepertinya pinterest sangat berguna bagi creative business untuk lebih dapat tampil di depan =)

  • bangaip :

    Terima kasih Pit. Menarik πŸ™‚ saya permisi share via Twitter yaa

  • Tourism Indonesia :

    mgkn blog saya bisa jd brand..hahahahahahaha..kunjung balik ya…

  • dan :

    keren..
    dan baru saja menulis..attitude

  • Kurnia Septa :

    ah, ane belum nyicipi ini mainan baru,
    memang dibeberapa tempat (blog) lagi rame membahas ini.
    sepertinya lebih ke sharring gitu ya, mau coba dulu ah.
    Kurnia Septa baru saja menulis..4 Kiat Menumbuhkan Kreativitas Menulis

  • Ceritaeka :

    Baru tau ada pinterest πŸ˜€
    seru nih mainan baru.. pin pin pin
    Ceritaeka baru saja menulis..Apakah Warna Harimu?

  • berita mobil terupdate :

    bagus…
    bisa menjadi brand- yang lain yang ingin lebih maju…
    berita mobil terupdate baru saja menulis..2011 Renault Sport Clio Gordini 200 Review

  • Baju Anak :

    Artikelnya sangat bagus! baru tau ada pinterest…
    Baju Anak baru saja menulis..SEPATU BAYI FF08 ( Marvel Red ) – Rp 57.500

  • bukik :

    Menjadi sosial itu trend saat ini
    Ada banyak content bagus tapi tidak banyak yang tidak begitu dikenal
    Itulah fungsinya pinterest
    Dan ketika semakin sosial, maka brand dituntut untuk menjadi sosial. Hadir sebagai person, bukan sebagai mesin penjual
    bukik baru saja menulis..Antara Akun Anonim dan Anonimitas Kita

  • Sriyono Semarang :

    mas, sekarang media-ide.com nya sudah nggak diredirect ke sini ya?
    Sriyono Semarang baru saja menulis..Lowongan Manager UKMK Bank Bukopin

  • Pitra Satvika (penulis) :

    @sriyono: iya sejak kena malware, ada masalah di .htaccess redirectionnya. Belum sempat dibenerin.

  • cK :

    aku udah punya pinterest di http://pinterest.com/chikastuff

    *self promoted*
    cK baru saja menulis..Warna Warni Konser Katy Perry

  • kimbut :

    jadi pengen lebih tau tentang pinteres,
    maklum saya masih newbie dalam blogging hehe

  • ude :

    Kayanya lebih pas untuk brand atau perusahaan dibanding sebagai social media untuk perorangan. Masih belum kepikiran ide apa kalo untuk pribadi.
    ude baru saja menulis..Google Real Time Analytics

  • obat herbal kanker payudara :

    cara promo yang murah-meriah dan efektif
    obat herbal kanker payudara baru saja menulis..obat diare

  • Mr. Kleepon :

    Lucu juga nih pinterest. Baru nyoba2 juga

  • Juniantobara :

    baru tau tentang pinterest… hehe ketinggalan.. πŸ˜€
    Juniantobara baru saja menulis..Iklan Humor, Sukses Memikat Perhatian Konsumen

  • mariodevan :

    wow social media baru lagi…

    haduh…kebanyakan socmed jadi bingung πŸ˜€

  • steve :

    mas @pitra , salam kenal, masih banyak yang belum tahu tentang aplikasi ini, apakah akan booming di jakarta?

  • Groupon Clone :

    Kayaknya di indonesia belum terlalu populer ya?

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge