Home » Online Living

Kalau Ikutan Kuis di Twitter tuh…

2 April 2012 5,146 views 14 komentar

Nggak ada yang melarang bikin kontes di Twitter. Semua boleh bikin aktivitas di Twitter dalam bentuk apapun, termasuk menyelenggarakan kuis berhadiah. Cuma ya Twitter itu kan tempat umum. Seperti tempat umum lainnya, kita bebas membuat kegiatan apapun, asalkan tidak membuat orang lain merasa terganggu. Nggak beda dengan Twitter. Di setiap tweet yang kita buat sebaiknya tidak membuat orang lain jadi merasa terganggu.

Nah sayangnya perilaku para peserta kuis di Twitter kadang membuat warga Twitter lainnya berteriak gerah tidak nyaman. Ada banyak sebetulnya kuis di Twitter, namun yang paling mengganggu adalah kuis berhadiah yang diselenggarakan @DennyJA_WORLD. Melalui akunnya, setiap follower-nya diajak untuk mempromosikan akun @DennyJA_WORLD dengan iming-iming hadiah besar setiap bulannya.

Mekanisme promosi ini membuat pesertanya berlomba banyak-banyakan mention orang lain untuk mem-follow akun itu. Menyebalkan memang jadinya. Sudah entah berapa kali dapat mention seperti itu. Lebih menyebalkan lagi adalah mereka yang ikutan kuis itu nggak pernah berinteraksi sebelumnya dengan kita. Kalau dicek, bisa ditemukan banyak akun dummy yang dibuat untuk mention orang lain secara acak. Semua isi tweetnya sama persis. Memang kelihatan sengaja dibuat demi kepentingan pemenangan kuis.

Untuk kalian yang ikutan kuis akun itu (dan akun-akun yang punya mekanisme permainan serupa), sadarlah karena kemungkinan kalian untuk menang itu kecil sekali. Sudah tidak mungkin menang, yang ada kalian malah dibenci oleh warga Twitter lainnya. Nggak sedikit yang pastinya malah akan nge-block akun kalian (bahkan melaporkannya sebagai spam).

Untuk @DennyJA_WORLD dan akun-akun serupa lainnya, semoga kalian sadar kalau dunia Twitter bukan sekedar banyak-banyakan follower. Namun kalau kalian bersikukuh ingin mendapatkan sebanyak mungkin follower, ya itu sih terserah kalian. Hanya saja pikirkan mekanisme yang tidak membuat linimasa Twitter menjadi sampah karena aktivitas kalian.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

14 komentar »

  • devieriana :

    hihihihi, aku tiap kali ada yang promote akun gitu suka aku klik as spam πŸ˜€

  • Rusa :

    Tapi apakah mereka menghiraukan diblock atau direport-as-spam kalau emang itu akun dummy. Mereka masih bisa mencobanya ke akun-akun yg lain kan ya?

    Jadi intinya, yg harus diberantas adalah si @DennyJA_WORLD itu sendiri. Mari kita mereport-as-spam akun yg beli ratusan juta itu.

    Aku sudah, kamu?
    Rusa baru saja menulis..Kenalan dengan Mangrove Center Tuban

  • celo :

    aku gak pernah kena mensyen gitu :'( cyedih… .__.
    celo baru saja menulis..Sixteen Going On Seventeen

  • Maya Floria :

    aku sih biasanya orangnya aku block, terus aku laporkan sebagai spam. nyebelin banget!
    Maya Floria baru saja menulis..Happy 38th Birthday Gramedia!

  • Hendra Putra :

    Tul bgt Pit,gw jg dulu pernah ngelakuin ini (dg kuis yg beda),tp akhirnya sekarang gw udh insyaf,gw baru sadar ternyata ganggu bgt y.Maaf y Pit kalo dulu lo pernah merasa terganngu ma gw,maklum waktu itu gw msh di jaman jahiliyah and lagi labil & bandel-bandelnya heheh.

    @HendraEkaPutr4

  • budiono :

    langkah paling bijak adalah unfollow orang seperti itu dan pengikut2nya
    budiono baru saja menulis..3 Draft Artikel Batal Terbit!

  • Moch Harist Alvian :

    Twitter yang sekarang dengan Twitter yang dulu benar2 beda ya,
    saya juga pernah ikutan kuis-kuis FLOODING kayak gini,
    tapi hadiahnya masih kecil2an , semakin ke sini kuis dengan mekanisme tersebut makin banyak, meruksa ETIKA ber-twitter,,
    semoga bisa cepat di sadarkan

    @Doe_Viant

  • Kurnia Septa :

    sering dapat mesyen seperti itu. Kayaknya denny ja itu salah konsultasi πŸ˜€
    Kurnia Septa baru saja menulis..Apresiasi Musisi dan Nikmati Musiknya di MelOn

  • Gunadi :

    Betul sekali mas, metode RT seperti itu sangat menggangu sekali, biasanya saya juga langsung unfollow acc yang me-RT tweet yang gak penting, menuh2in timeline doank sih ..

  • AuLMisbahul :

    Setuju bang Pitra. Agak kesel juga sih dapet mensyen ngga penting. Kalo prinsip saya sih ikutan kuis yang nggak hanya banayak-banyakan bawa massa. Mending lomba di bidang kreatif, misal bikin blog. Dan penilaiannya bukan dari jumlah voting teman facebook/twitter. Malah bikin spamming. Ikutan kuis yang butuh pemikiran dan cukup otak serta tidak ganggu aktivitas socmed πŸ™‚

  • dragonfufu :

    banyak followers gak menjamin akun itu bagus, harus di lihat aktivitasnya dan pengaruh followersnya terhadap tweet. dan dalam kuis sih, yg bikin bermutu dan banyak disukai bukan karena hadiahnya yang besar, tapi panitia/juri/agency yang jujur, adil, dan saat penyelenggaraannya dilakukan dgn benar dan sesuai rules yg ditetapkan (@dragonfufu : salah satu kuis hunter)

  • Ramadhan :

    Ada benarnya dan ada tidak, utk akun nama diatas sy sangat setuju, tapi ada bebrapa akun yg melakukan hal yg sama tp tidak merasa tergangu ( noted, saya anti ikut Quiz ya), ada akun yg memang membuat iklan quiz utk mempromosikan akunnya tp tidak membabi buta bs aja seminggu sekali atau 2 minggu sekali, atau akun iklan yg memberikan quiz utk para menarik minat iklan di akunnya, selama batas norma dan waja sy rasa tdk maslah. Sy ibaratkan akun itu sperti koran, ada koran berita, iklan, life style dll. ada yg iklan semua ada yg berita semua ada yg film semua. So liat selalu dr dua sisi sj, yg pasti sy gak follow akun yg suka iklan QUIZ tp sy juga tdk me report spam akun yg suka quiz, kenapa harus di report spam, itu hak mereka, itu bukan kejahatan akun koq, kalau merasa terganggu tdk usah di follow thats all. jgn gara2 1 org gila seperti akun diatas, sehingga semua org disamaratakan, semoga kita selalu melihat dan menilai org sevara objektif.

  • Ila Rizky Nidiana :

    kalo yang denny JA emang spamming banget. karena banyak2an folow, sementara durasi kuisnya lama. dulu aku pernah ikutan kuis yang banyak2an gitu, tapi cuma 2 kali. sekarang udah insaf, hehe πŸ˜€
    Ila Rizky Nidiana baru saja menulis..Alhamdulillah, menang! πŸ˜€

  • fitri :

    eh saya ada link quizhore.com gan ane 2x ane menang pulsa 25 ribu mayan gan :))
    fitri baru saja menulis..Ciri kulit bayi yang sehat

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge