Home » Online Branding

Facebook Page versi Timeline

3 April 2012 4,143 views 13 komentar

Sejak sebulan lalu Facebook Page untuk brand sudah mengalami perubahan. Seharusnya sejak tanggal 30 Maret kemarin, semua Page otomatis berubah ke versi baru, yakni versi timeline. Jadi para admin social media, terima jadi saja perubahan yang terjadi di Facebook. Lagi pula ini bukan pertama kalinya Facebook Page berubah (kalau nggak salah ini sudah versi ketiga), dan bukan nggak mungkin akan berubah kembali di masa datang.

Sekarang tinggal bagaimana para brand mengadaptasi versi baru ini dengan lebih maksimal. Berikut ini beberapa tips untuk membuat tampilan Facebook Page lebih menarik:

  • Perbanyak gambar. Desain timeline ini kuat secara visual. Semakin banyak visual yang melengkapi status update, tampilan Facebook Page akan semakin terlihat hidup. Sebaliknya, bila hanya mengandalkan teks saja, tampilan Facebook Page akan terlihat kosong.
  • Timeline = sejarah. Manfaatkan timeline untuk menceritakan sejarah brand lebih dalam. Gunakan milestone untuk posting yang menjadi titik sejarah menarik dalam kehidupan brand. Misalnya: perubahan logo, keluarnya packaging baru, event raksasa, dll.
  • Taruh semua aplikasi di dalam page tab. Kalau dulu, banyak aplikasi yang tidak ditanam di dalam page tab, karena sempitnya lebar canvas. Kini, dengan canvas yang sangat lebar, seharusnya aplikasi bisa dengan nyaman ditaruh di sini. Ini juga akan memperpendek jumlah klik yang harus dilakukan pengguna sebelum sampai ke aplikasi yang diinginkan.
  • Dulu aplikasi di page tab bisa dijadikan landing page. Di versi timeline, hal ini tidak bisa lagi. Sebagai penggantinya, tulis status update yang menyajikan tautan ke page tab. Lalu pin status update itu, supaya muncul di paling atas kiri timeline. Status update yang di-pin ini akan bertahan selama 7 hari. Atau akali desain cover page dengan menambahkan tanda panah yang mengarah ke thumbnail page tab yang diinginkan.

Untuk tahu lebih banyak apa saja perubahannya, mudah-mudahan infographic di bawah ini bisa membantu. Bahasannya pun sudah sangat lengkap.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

13 komentar »

  • Obat Herbal Diabetes :

    wah hebat !!

  • budiono :

    mantab bung pitra infonya, meski saya hanya mengelola brand milik sendiri untuk bisnis kelas RT, tapi rasanya perlu memperhatikan juga guidelines yang telah ada ini. salam sukses!
    budiono baru saja menulis..3 Draft Artikel Batal Terbit!

  • Kurnia Septa :

    secara umum tampilan baru fan page ini menguntungkan atau sedikit menyulitkan brand ya mas pit?
    Kurnia Septa baru saja menulis..Apresiasi Musisi dan Nikmati Musiknya di MelOn

  • the best tablet pc :

    perubahan itu mutlak diperlukan….
    the best tablet pc baru saja menulis..Blacberry playbook 7 inch 16 GB

  • pulsa elektrik :

    sepertinya harus belajar lagi nich,thank nich infonya

  • Doni :

    wah banyak perubahan juga yah, udah jarang facebookan πŸ˜€
    Doni baru saja menulis..Indonesian Idol 2012

  • yadi :

    thanks gan buat info nya

  • Sriyono Semarang :

    fb sudah tidak serame kemaren kemaren, tapi semakin pintar jualan adsnya, dulu ngebid 2 sen saja delivery lancar, sekarang 5 sen sering delivery nol besar, dan paling nggak mendekati 10 sen baru kenceng… hmmm…
    Sriyono Semarang baru saja menulis..Lowongan Kerja Bank Danamon Semarang, Account Officer

  • Erik Tiket :

    versi timeline ini mnurut saya sangat bagus untuk branding. dan mmbuka sub bidang baru di bidang desain timeline header.
    Erik Tiket baru saja menulis..Tips Berlibur Di Eropa

  • pangeran bollywood :

    aq lebih suka tampilan yang lama daripada yang sekarang
    pangeran bollywood baru saja menulis..Terjemahan lirik lagu Humko humise churalo – Mohabbatein

  • Ahli Herbal :

    Suka jadi pusing kalau diganti-ganti terus πŸ™

  • Buyung arwin :

    Payah TIMELINE butuh memory yg besar ,resiko LEMOT …untuk upload photo kadang lambat …..bagusnya seperti BLOG besar lebih bagus dari versi lamanya…

  • tri julianti :

    wah musti belajar lagi nihh

    nice inpo gan keep posting =)
    tri julianti baru saja menulis..Ciri kulit bayi yang sehat

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge