Home » Online Living

Kedekatan Sesama Pengguna Social Media

13 April 2012 4,660 views 14 komentar

Dulu orang malu dan takut berbagi cerita tentang dirinya. Sejak social media masuk jadi bagian dalam kehidupannya, batasan kemaluan dan ketakutan berkurang. Seakan-akan social media bisa menjadi tempat untuk berbagi semua cerita, baik terhadap teman lama maupun terhadap teman yang baru dikenal. Orang yang paham social media pasti sadar kalau dalam berbagi selalu ada batasannya. Yang cerdas adalah yang berbagi cerita hal-hal yang memang layak diceritakan ke publik maya. Yang cerdas pasti tak akan membeberkan informasi dan kegiatan yang bersifat sangat pribadi.

Kebiasaan bercerita dan ngobrol dengan banyak orang di social media, secara nggak langsung akan membangun keterikatan. Bisa saja belum pernah ketemu, tapi dalam kesehariannya selalu rajin saling menanggapi di Twitter. Lama-lama perasaan kedekatan akan muncul dengan sendirinya. Bahkan saat ada yang sakit atau mengalami kecelakaan, teman-teman di Twitter akan langsung ikut men-support, padahal mungkin ketemu orangnya langsung aja belum pernah. Demikian sebaliknya, saat ada yang ulang tahun, ucapan selamat bermunculan dari mana-mana, termasuk dari orang yang belum pernah ditemui.

Kedekatan dalam social media terkadang membuat kita jadi ingin tahu lebih banyak tentang orang tersebut. Mungkin ada yang mencoba mempelajari karakter orang tersebut melalui setiap tweetnya. Padahal kenyataannya bisa saja karakteristik asli orang tersebut berbeda jauh dengan apa yang ia bangun di publik maya. Social media memungkinkan orang untuk membangun pencitraan. Yang cerdas biasanya adalah yang mampu menonjolkan persona positifnya di publik maya, sembari meredam kejelekannya. Buat apa para follower tahu kalau seorang motivator keren itu ternyata tidurnya ngorok, misalnya.

Keingintahuan tentang karakteristik orang memang memupuk sikap kepo (ingin tahu) dalam diri. Sebelum social media, agak sulit mengawasi kelakukan orang lain (kecuali kalau memang orang itu dibuntuti terus ya). Sekarang social media memudahkan orang yang kepo untuk menelurusi seseorang itu habis ngapain aja, dengan siapa, di mana, dll. Itulah makanya orang yang cerdas akan memilih bagian mana dalam kehidupannya yang akan ia bagi ceritanya di publik maya, karena ia pasti tahu kalau di Facebook dan Twitter sangat banyak orang yang kepo.

Facebook dan Twitter memang mengubah kebiasaan orang dalam berbagi. Sekarang tinggal pilih-pilih saja konten apa yang bisa kita bagi kepada publik maya. Kalau ingin membangun pencitraan, ya berbagilah konten yang mendukung pencitraan. Nggak ada juga kali motivator di Twitter yang berbagi betapa galaunya ia saat diputusin pacar. Nggak ada juga kali pengusaha di Twitter yang akan berbagi tips bagaimana menggelapkan pajak. Dan nggak ada juga kali ada seorang profesional yang berbagi cerita kalau dia habis dimarahin habis-habisan oleh kliennya.

Selain berbagi konten menarik, yang cerdas di social media pasti rajin berinteraksi dengan pengguna lainnya. Ngobrol. Diskusi. Tukar pikiran. Bercanda. Tertawa bareng. Semua dilakukan supaya kedekatan semakin terjalin. Semakin orang merasa dekat, semakin orang itu akan mengganggap lawan ngobrolnya di social media adalah temannya juga. Siapa sih yang nggak suka dalam mencari teman? Karena akhirnya cuma teman yang akan membantu dan memberi masukan kala menghadapi suatu masalah.

Nah, saat Anda berinteraksi di Twitter dan Facebook, apa sih yang Anda cari? Kedekatan dengan teman-teman baru Anda? Ataukah memang sengaja cari musuh di social media?

Kredit foto: WebRanking Pictures.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

14 komentar »

  • Ramy :

    cuma di social media, orang yang belum pernah ketemu sebelumnya bisa ngerasa rindu :))
    Ramy baru saja menulis..8 Tipe Pengguna Twitter Yang Kurang Disenangi

  • Billy Koesoemadinata :

    social media buat saya:
    twitter: cari teman-teman baru
    facebook: komunikasi dengan teman-teman lama
    Billy Koesoemadinata baru saja menulis..Short Story #114: Gak Biasa

  • trica jus herbal ajaib :

    social media bagi saya adl untk berkomunikasi dngan teman lama/baru…
    dan sangat membantu ktika pulsa hp habis πŸ™‚
    trica jus herbal ajaib baru saja menulis..Hello world!

  • Kedekatan Sesama Pengguna Social Media | New Wave Marketing - Marketeers :

    […] Artikel ini juga bisa dibaca di blog penulis. […]

  • Kurnia Septa :

    memang benar, walau tak pernah jumpa, hanya bercengkrama lewat twitter atau blogwalking menjadikannya serasa teman beneran
    Kurnia Septa baru saja menulis..Bukan Hanya Penikmat Tetapi Juga Pembuat Konten di Internet

  • andina :

    social media tidak membatasi kita untuk berhubungan dengan siapa pun. Beda halnya dgn dunia nyata yang kadang membatas-batasi pertemanan krn status atau jabatan

  • bukik :

    Belajar dan nyebar ide *lagiserius
    bukik baru saja menulis..Memotret, Menemukan Sudut Pandang Berbeda

  • website advertising :

    for me SEO = offline optimation + directory submission

  • SItri :

    Sosial media sangat berguna juga dimasa skrng,,thanks gan infonya πŸ˜€

  • Natalia :

    Dulu, buatku Twitter = tempat curhat, tempat misuh, tempat ngeceng, cari kenalan baru.
    Sekarang, buatku Twitter = tempat amplifikasi, tempat memantau dan menyimak.
    Dulu Facebook = tempat nyari kenalan lama.
    Sekarang Facebook = tempat kepo nyari profil dan foto orang baru dan kenalan lama, tempat main game.

    Bisa jadi ide tulisan blog sendiri nih *buatku πŸ˜€ πŸ˜€
    Natalia baru saja menulis..Malam Dua Puluh Lima: Spesial

  • obat alami diabetes :

    thanks gan informasinya semoag bermanfaat

  • tik tok :

    Bagi saya, facebook bukan buat ngeluh/mengeluarkan unek2 tp tuk melepas kangen saja dgn teman2 lama yg tdk sempat bertatap muka.
    tik tok baru saja menulis..Renungan Malam

  • Tempat Wisata di Jawa Barat :

    Memang ada banyak manfaat yang bisa kita pergunakan dari social media,. namun yang perlu di hindari adalah kebiasan baru yang negatif dari social media tersebut.. FBan Yuuuuu.heheh
    Tempat Wisata di Jawa Barat baru saja menulis..Kampung Pulo

  • sarah :

    sekarang lagi banyak isu isu beredar akibat twitter ya,

    kaya yang terkhir pak wamentri ya hehe
    sarah baru saja menulis..Ciri kulit bayi yang sehat

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge