Home » Online Living

Fame, Fortune & Friends

31 May 2012 3,751 views 8 komentar

Setiap orang tentu punya motivasi yang berbeda-beda saat ia terhubung dengan jejaring internet. Ada yang melihatnya sebagai tempat mencari ilmu. Ada yang melihat internet adalah Facebook, sehingga setiap menit matanya tak lepas dari menjelajah situs tersebut. Ada yang melihatnya sebagai potensi pasar baru. Atau mungkin saja ada yang melihatnya sebagai peluang untuk menjadi terkenal dan membangun reputasi di sana.

Fame

Siapa sih yang nggak ingin, setidaknya sekali, menjadi orang terkenal? Kalau dulu peluang menjadi populer, dikenal banyak orang, harus melewati jalur televisi atau majalah, kini menjadi terkenal di ranah daring bisa dengan mudah terjadi pada siapa saja. Ada yang namanya menanjak karena tulisan blognya. Ada yang memiliki banyak follower di Twitter karena ia punya konten yang menarik. Ada yang tiba-tiba terkenal karena publikasi video di YouTube-nya. Setiap orang punya kesempatan untuk menjadi “selebriti” di dunia maya. Biasanya sih, status “selebriti” di ranah daring ini bisa membawa dirinya ikut tampil pula di televisi dan majalah.

Fortune

Nggak salah juga sih melihat internet sebagai tempat potensial untuk mencari keuntungan. Dari yang niatannya serius dengan membuat toko virtual, hingga pemain-pemain kecil yang mencari referral dari setiap transaksi pembelian yang dilakukan orang lain. Atau ada membuat ternak blog dengan konten yang entah dicomot dari mana, lalu memasang iklan AdSense (dan semacamnya) demi mendapatkan penghasilan dari iklan yang diklik. Perhatikan juga deh, kini makin banyak buku dan seminar yang mengiming-imingi keuntungan dari berbisnis di ranah daring. Masih banyak lagi model penghasilan yang bisa didapat dari ranah daring. Yang paling populer belakangan ini adalah dibayar untuk menulis tweet atau blog dengan topik tertentu.

Friends

Berkoneksi internet tentunya juga membuka peluang kenalan dengan banyak orang baru. Dari yang sekedar asal samber di forum chat atau di Twitter, hingga yang memang berniat menjalin relasi dan jejaring teman dengan masuk ke dalam satu komunitas daring. Jalinan pertemanan yang bisa terjadi antara banyak orang, meski kenyataannya belum tentu mereka pernah berjumpa fisik satu dengan lainnya.

Apapun tujuan seseorang terkoneksi dalam jagad internet, apakah itu fame, fortune, atau friends, ada baiknya tidak melupakan 3 hal berikut:

Respect

Hidup di ranah daring tidak sendirian. Tak beda dengan pergaulan sehari-hari, dalam berinteraksi tentu harus diikuti dengan rasa saling menghargai. Nggak akan bisa sukses berteman dalam sebuah komunitas daring kalau tak ada kepedulian sama sekali dengan anggota di dalamnya. Seseorang yang populer (dengan banyak follower) di Twitter tak akan berhasil meraih posisi yang dimilikinya sekarang kalau ia tak menghargai perkataan follower-nya. Bentuknya sederhana, cukup dengan membalas tweet yang ditanyakan oleh follower-nya, akan menunjukkan kalau ia menghargai pendapat orang lain.

Demikian dengan keinginan seseorang untuk mencari sesuap rezeki di dunia maya. Cara yang dijamin langsung menghilangkan respek seketika adalah dengan melakukan spam informasi ‘jualan”-nya di komentar blog atau dengan mention pengguna Twitter bak sebuah bot otomatis. Mendapatkan keuntungan bisnis di ranah daring tentunya masih bisa dilakukan dengan cara yang elegan, yang tidak membuat dirinya dikecam oleh penghuni ranah daring lainnya.

Relationship

Setiap kita menjalin kenalan baru di ranah daring, ada jalinan hubungan kedekatan yang pasti ingin kita bangun. Ada yang melakukannya demi menjadi teman dekatnya (atau mungkin gebetannya?). Ada yang melakukannya karena mungkin punya kesamaan hobi dan pandangan. Ada yang melakukannya demi mendapatkan potensi pasar produk yang dijualnya. Mengambil hati seseorang dalam konteks pertemanan dan bisnis tentu berbeda. Jangan sampai malah teman yang baru dikenal malah sakit hati karena ternyata upaya berkenalan hanya semata demi keuntungan pribadi.

Salah satu bentuk pemasaran yang menarik terjadi di ranah daring adalah word of mouth. Esensinya adalah, usahakan agar produk yang dijual di ranah daring itu direkomendasikan oleh banyak orang. Testimoni yang dilakukan seseorang, apalagi kalau dilakukan oleh seorang “selebriti” daring, akan bisa membantu pencitraan produk tersebut. Syukur-syukur penjualannya jadi meningkat setelah itu. Testimoni seperti ini tentunya hanya bisa dilakukan kalau si “selebriti” ini punya hubungan kedekatan dengan pemilik produk. Bisa memang karena pelanggan lama yang menyukai produk tersebut, atau bisa juga karena si “selebriti” dibayar untuk melakukannya.

Reputation

Salah satu elemen kunci keberhasilan membangun fame, fortune, dan friends di ranah daring adalah reputasi. Sekali salah melangkah, dan mendapat kecaman, bisa-bisa seterusnya orang tersebut berada dalam pandangan yang tidak menyenangkan. Nggak enak memang, apalagi mengembalikan reputasi yang sudah rusak bukan hal yang gampang. Mau beratus-ratus niat dan tindakan baik yang kita lakukan, kalau persepsi yang terbangun terhadap kita di awal sudah jelek, akan susah membuat orang untuk percaya lagi kepada kita.

 

Nah, kalau Anda sendiri, apa yang sudah Anda lakukan untuk membangun fame, fortune, dan friends di ranah daring?

Kredit foto: kyleboy668

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

8 komentar »

  • artikel motivasi :

    thank untuk artikelnya sangat bermanfaat dan bagus banget
    artikel motivasi baru saja menulis..Berkembang

  • Ridho Maulana :

    Thanx ats wawasannya..
    artikel yang bagus dan membangun diri….

    Salam!

  • Brama :

    Tulisan mas pitra selalu cihuy ya. Tidak terlalu panjang, namun tetap berbobot dan informatif. 🙂

  • Kurnia Septa :

    tulisan menarik, menambah wawasan etika di ranah daring 🙂
    Kurnia Septa baru saja menulis..Dia yang Membantu Menyelesaikan Tugas Akhir

  • House Residence :

    mencari teman untuk membangun inspirasi
    House Residence baru saja menulis..How to Clean Aquarium

  • sepriyanto :

    menyempatkan diri mampir di blog ini untuk membaca artikelnya banyak yang saya dapatkan dari blog ne.
    sepriyanto baru saja menulis..PegiPegi.com : Booking Hotel Murah & Mudah di Indonesia

  • didah :

    wh bagus artikelnya,
    jd tegantung kita bgaimana menggunakan dan memanfaatkan fasilitas nan canggih ini.
    didah baru saja menulis..Gunung Papandayan

  • sarah :

    wah bagus artikelnya, harus memanfaatkan fasilitas!
    sarah baru saja menulis..Ciri kulit bayi yang sehat

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge