Home » Online Branding

Grandprix AKB48 dan Google+

2 June 2012 5,386 views 10 komentar

Bikin kampanye besar di Facebook sih biasa. Di Twitter juga biasa. Bergerilya di Kaskus juga sudah banyak yang sukses. Namun pernahkah ada kampanye lokal yang sukses di Google+? Pasti semua akan jawab, belum ada.

Memang saat ini yang murni kampanye lokal bisa dibilang belum ada. Namun ada loh kampanye Grandprix AKB48 untuk pemilihan seleksi siapa saja yang akan muncul di video single mereka yang ke-27. Kalau dulu yang ikut dalam pemilihan ini hanya personil AKB48 saja (yang entah jumlahnya sudah berapa puluh sekarang). Kali ini, pemilihan diperlebar hingga para personil “adik-adiknya” di SKE48, NMB48, dan HKT48. Sayang, untuk kesempatan kali ini, personil “adik-adiknya” yang di Indonesia, JKT48 belum diikutsertakan. Channel YouTube-nya bisa dicek di sini.

Kampanye Grandprix AKB48 ini dilakukan murni di Google+ dalam 7 bahasa, salah satunya adalah bahasa Indonesia. Nantinya akan dipilih 7 pemenang (plus 1 peserta favorit) yang akan diterbangkan langsung ke Jepang. Setiap peserta harus memiliki akun Google+ (ya jelas lah ya), lalu silakan menulis posting di profil masing-masing dengan menggunakan hashtag tertentu. Si peserta harus mendapatkan +1 sebanyak-banyaknya. Yang mendapatkan +1 paling banyak, ialah yang nanti dipilih sebagai pemenang per bahasa.

Di situs kampanye Grandprix AKB48 versi Indonesia ini langsung bisa dilihat postingan mana yang mendapatkan +1 terbanyak. Nggak nyangka juga ternyata dari Indonesia saja, ada postingan yang mendapat total +1000 dan +680. Artinya si peserta ini berhasil mengajak teman-temannya untuk melakukan +1 di posting yang ia buat sebanyak 1.000 dan 680 kali. Angka yang sangat fantastis sih, mengingat aksi kampanye ini dilakukan di Google+ dan bukan di situs social media populer seperti Facebook. Bahkan kalau dibandingkan dengan peserta yang dari Jepang sendiri, postingan dengan poin tertinggi saja hanya mendapat +620. Padahal Google+ (seharusnya) lebih populer di Jepang sana daripada di Indonesia. Seperti bisa diduga juga, dari Top 50 dengan poin terbanyak dari Indonesia, hanya sekitar 5 orang yang perempuan. Sisanya cowok semua dong.

Hmm.. jadi penasaran dengan potensi Google+ sendiri. Apakah setelah ini, akhirnya akan ada brand lokal yang berani mencoba bereskperimen di sana?

Kalau mau tahu tentang AKB48, bisa baca tulisan lama ini dan ini di blog satunya, atau bisa follow Pinterest board penulis di sini.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

10 komentar »

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge