Home » Online Branding

Taksi Mewah Itu

14 July 2012 7,026 views 13 komentar

Belakangan ini ada yang heboh di Twitter. Saking hebohnya sampai menyebar pula ke Facebook dan banyak tulisan blog dengan sendirinya. Beberapa hari lalu di linimasa Twitter sempat bermunculan cerita tentang taksi mewahbernama MM Cab, yang menggunakan mobil Ferrari Modena 360 dan Porsche Boxster S. Pas dilihat websitenya, sempat ragu karena isinya biasa saja. Gambar-gambar taksi di website bukanlah foto. Semuanya ilustrasi. Satu-satunya foto yang ada di website diambil di luar negeri. (Catatan: sekarang sih sudah diganti dengan foto-foto baru ya).

Lalu dua hari ini buzz-nya semakin ramai. Beberapa orang yang sudah biasa menjadi influencer menulis tweet pengalamannya di dalam taksi. Cerita tentang taksi in dibahas pula di banyak media, mengesankan kalau memang beneran ada perusahaan taksi baru seperti ini. Taksinya pun sudah beredar di jalan-jalan protokol Jakarta. Gratis katanya. Wajar kalau lalu jadi pembicaraan. Portal berita banyak yang mengulas. Ada ulasan juga kalau taksi ini tak punya izin, dan dianggap sebagai angkutan liar.

Jadi bertanya-tanya kan, ini taksi beneran? Memang sih di negeri luar sana ada taksi premium semacam ini. Namun kok rasanya nggak cocok ya kalau taksi semacam ini diterapkan di Jakarta, kota yang berpredikat sebagai salah satu kota termacet sedunia. Ngapain juga naik Ferrari atau Porsche kalau penumpang nggak bisa merasakan suasana ngebutnya.

Curiganya sih ini adalah kampanye sebuah brand. Bukan pertama kalinya ada kampanye suatu brand yang diawali dengan word of mouth. Yang pintar adalah mengemas kampanyenya supaya bisa menjadi pembicaraan secara natural di jagad maya. Saking banyaknya, sampai kalau orang mencarinya di Google, berita tentang ini berada di paling atas. Saking serunya, sampai orang nggak berhenti-berhenti men-share beritanya di Facebook dan Twitter. Banyak orang melakukannya dengan sukarela. Meski awalnya percakapan di social medua diinisiasi oleh influencer, namun pada akhirnya secara natural dilakukan sendiri oleh banyak orang.

Teman-teman di Twitter banyak yang menduga-duga siapa sih brand si baliknya. Selidik punya selidik kampanye ini mengarah pada salah satu institusi perbankan yang pernah punya tagline serupa, “Hidup itu Indah”. Cara mengetahuinya sederhana. Seorang teman menunjukkan ini dalam salah satu tweetnya. Cek saja tagline tersebut di Google. Langsung di halaman pertama (pagi ini dicek sudah turun ke halaman kedua) akan terlihat nama institusi perbankan tersebut. Bisa jadi kata MM dari MM Cab punya adalah singkatan dari nama produknya. Sebelumnya hashtag #hidupituindah juga sudah bermunculan di Twitter, yang juga berasal daari institusi perbankan yang sama. Kalau brand yang diwakili adalah Bank Mandiri, maka produk yang diwakili mungkin adalah Mandiri Mobile.

Kira-kira dugaan ini benar atau nggak? Ya kita tunggu sajalah ya. Kayak-kayaknya sih benar. Kalau salah, nggak akan ditulis di blog ini. Hihihi..

(Oh ya, ini bukan tulisan berbayar loh. Yang menulis di blog ini memang sudah berniat nggak melakukan tulisan berbayar lagi di blognya.)

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

13 komentar »

  • Budiono :

    mungkin ndak, ada calon gubernur yang mendompleng tagline brand itu demi kampanye putaran 2? :d
    Budiono baru saja menulis..Tentang Seminar Nasional

  • chic :

    Dari hari pertama itu cerita taxi ferrari dan porsche beredar, rata-rata anak ahensi sudah menduga itu campaign 😆

    Kemarin sempet ngira campaign smartphone, karena waktu peluncuran Samsung Galaxy SII di Thailand, menggunakan campaign yang persis sama.

    Lalu tiba-tiba sebuah bocoran dateng semalem, dari Bank biru-putih itu.. 😆

  • Zam :

    konsep taksi ini kayaknnya niru plek ketiplek ama yang pernah dipake di Guadalajara, Mexico (http://www.youtube.com/watch?v=QFnJ-WD-nHQ). bedanya di sana bisa ngebut! :))

    kalo menurutku sih, ahensinya harusnya bisa sedikit memodifikasi. daripada pake mobil sport, yg jelas-jelas gak bakal bisa ngebut di Jakarta, kenapa gak pake limosin sekalian? yg full entertainment, di mana ketika dalam kemacetan, si penumpang bisa “menikmati” kemacetan tersebut krn fasilitas di dalamnya. 😀

    dan pas kena macet, orang-orang yg di luar (yang sama-sama berhenti karena kena macet) tentu bakal foto-foto atau nge-share di media sosial. 😀

  • slamsr :

    dapet share dari milis dan twitter, lalu di facebook
    udah mengira kalo itu campaign, tapi gak menyangkut2kan sama pilkada atau bank.
    “wah ini campaign nih” udah gitu aja, lanjut mainan twitter dan bikin poster
    slamsr baru saja menulis..Untung Siranda Dekat Elisabeth

  • arya :

    ada blundernya sih kempen ini. karena dia taksi tak berizin, sudah gitu mobilnya pun tanpa nomor polisi. sisi legalnya kedodoran, malah bisa backfire.

  • snydez :

    Oooh, tapi di Bing, lima top result sama sekali ga ada hubunfannya dengan bank itu maupun taksi tsb.

    #eh Bing bukan patokan SEO ya ? :))

  • Media Ide » Blog Archive » Benar kan? Taksi Mewah itu adalah… :

    […] tulisan sebelumnya, sempat diceritakan kalau buzz tentang taksi mewah yang berseliweran di social media adalah […]

  • herman :

    waw keren banget ya taksi ini. saya baru tau jenis strategi yang seperti ini dalam berkampanye suatu produk. keren ya

  • Grosir Bersama :

    Belum lama taksi menggunakan alpard sekarang ferari..canggih bnar ya Indonesia hanya untuk taksi saja hahahhaa

  • sandy :

    ternyata bener2 ada..kaget gua

  • rental mobil :

    wah keren ya taksi semewah itu, gimana argonya ya pasti sekali naik 10.000 ya
    rental mobil baru saja menulis..Mobil ‘Compact’, Keren Juga!

  • bcskaraoke :

    kira – kira di Indonesia ada ga yach yang mau jadikan mobil sportnya menjadi Taksi ?
    bcskaraoke baru saja menulis..SOFTWARE KARAOKE TERMURAH SEJAGAD RAYA

  • duber :

    wah iya tuh, saya pernah liat di daerah semanggi. tapi katanya sekarang udh ga ada lagi ya? nice info, regards.

    Anti Rayap

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge