Home » Online Branding

Maraknya Kontes Video

29 September 2012 4,913 views 11 komentar

Kalau tahun lalu saja ada brand bikin kontes video, yang ikutan pasti nggak banyak. Masalah utamanya selalu di koneksi internet lokal. Namun tahun 2012 ini mulai terasa beda. Semakin banyak brand yang berani bikin kontes video online. Pesertanya juga nggak tanggung-tanggung. Sepertinya koneksi internet sudah bukan menjadi masalah berarti lagi.

Semua orang bisa merekam video dengan mudah. Kualitas rekam video ponsel smartphone sudah sangat memadai untuk ditayangkan online. Webcam murah namun berkualitas baik juga sudah banyak dijual. Banyak orang sudah memanfaatkannya untuk video chat melalui Skype. Tinggal cari wifi gratis, yang kini juga semakin mudah ditemukan di mana-mana. Orang tinggal mengunggahnya ke situs brand atau ke YouTube.

Bulan Juni lalu Pocari Sweat melakukan kontes Dance Cover Heavy Rotation. Materi komunikasi ATL yang gencar membantu promosi kampanye ini. Berpartner dengan JKT48 ikut membantu mendongkrak promosi. Percaya atau nggak, di YouTube sekarang bisa ditemukan 3.500 video dengan kata kunci “dance cover heavy rotation.” Jumlah yang sangat besar. Apalagi usaha yang dilakukan oleh pemenang tidak mudah. Mereka harus mengikuti gerakan koreografi Heavy Rotation – JKT48, ditambah kreativitas unik yang membuatnya berbeda.

Kontes video yang baru ramai nih adalah kampanye yang dilakukan antara 2 perusahaan telekomunikasi besar, Telkomsel dan Indosat. Dua-duanya menggunakan video sebagai bentuk engagement-nya. Dua-duanya sama-sama berpromosi kencang di banyak media.

Ada kampanye Dance Like Agnes dari Telkomsel. Konsepnya serupa dengan yang pernah dilakukan oleh Pocari Sweat. Peserta harus mengirimkan video rekaman dirinya joged ala Agnes. Untuk melakukan ini memang butuh usaha yang luar biasa. Wajar jika total hadiah yang akan diberikan kepada pemenang konon mencapai senilai satu milyar rupiah. Hingga saat ini, pesertanya sudah mencapai 120 orang.

Indosat terlihat berpromosi lebih kencang di social media, dengan memanfaatkan promosi banner di YouTube, dan mendesain khusus tampilan profil Indosat di YouTube dengan tema kampanyenya, Soul Of The Nation. Untuk berpartisipasi tidak sulit. Cukup nyalakan webcam, dan nyanyikan Padamu Negeri. Bisa dilakukan di mana saja dan oleh siapa saja. Saking mudah untuk melakukannya, wajar jika kini total kiriman sudah mencapai lebih dari 2.000 video. Lebih hebatnya lagi, tidak perlu ada iming-iming hadiah untuk melakukannya. Mungkin karena rasa kebangsaan yang menguat di antara pesertanya kah?

Dengan 3 contoh ini, seharusnya tidak ada lagi brand lain yang masih khawatir tentang kurangnya peserta akibat hambatan koneksi internet. Lebih baik pikirkan mekanisme kontesnya. Pilih yang mudah dilakukan sehingga mendapatkan banyak peserta? Atau pilih yang spesifik ditujukan pada target tertentu, dengan konsekuensi jumlah peserta yang lebih sedikit?

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

11 komentar »

  • wardhani :

    Jaman sekarang, kreativitas itu dipadukan dengan teknologi masa kini. kalo menurut saya wajar saja, jika video yang di unggah tidak mengandung unsur pornografi.
    wardhani baru saja menulis..Manfaat menggowes untuk kesehatan kita

  • Outbound :

    yowes,, nanti kalo media-ide.bajingloncat.com bikin kontes video aku ikut!!
    Menari lompat2 mirip bajing loncat…
    hehe 🙂

  • asep amaludin :

    kalo kami ikutan kontes gimana?????????????
    asep amaludin baru saja menulis..Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan

  • jonny :

    ni smua pada buat kontes serupa

  • Jasa Website Jakarta :

    terinspirasi dari sinta jojo kali ya bro 😀 😀

  • Christo :

    sapa ya yang menang?

  • Christo :

    videonya asik asik

  • sewa mobil jakarta :

    Teknologi saat ini sangat mempermudah untuk menampilkan kreativitas, ditembah dengan hadiah dari sponsor tentunya lebih menambah minat peserta.

  • ZOPRAN MOBILE BLOG :

    bikin kontes video yang lucu2..nanti gw ikut deh..^^

  • Di Soulnation, Raisa Ukir Rekor MURI | ambangbatas :

    […] sudah lihat videonya? Terimakasih buat yang sudah bantu saya menyuarakan ini semua," seru Raisa. JAKARTA, KOMPAS.com — Vokalis bersuara merdu Raisa Adriana (22) berhasil mengukir rekor Paduan Suar…at tampil di LA Lights Java Soulnation (Soulnation) 2012. "Anak muda sekarang banyak yang negatifnya […]

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge