Home » Online Branding

Spam Berbuah Trending Topic?

4 January 2013 5,954 views 7 komentar

Nggak ada yang salah dan benar di Twitter sebetulnya, sepanjang masih mengikuti aturan main yang ditentukan Twitter itu sendiri. Termasuk nggak salah juga bila ada kontes dari sebuah brand yang menuntut pesertanya untuk menjawab 70-100 kali tweet. Aneh? Memang sih. Berpotensi banget menjadi spam saat tweet dari setiap peserta yang kita follow tiba-tiba membanjiri linimasa. Meski tahu akan konsekuensinya, ternyata nggak menyurutkan minat peserta. Bisa jadi setiap peserta sudah punya akun terpisah yang khusus digunakan untuk kuis, supaya tidak mengganggu kenyamanan teman-temannya di linimasa.

Bisa jadi brand memang menginginkan topiknya menjadi worldwide trending topic, sehingga tim social media-nya akhirnya merumuskan mekanisme kuis seperti ini. Hasilnya? Strategi itu ternyata berhasil. Hashtag #Baling2BambuDiAlfamart dari kontes yang diselenggarakan oleh @alfamartku ini sempat berada di peringkat pertama worldwide trending topic. Objektif dari brand tercapai, meski pengorbanannya akun ini disebali mereka yang kecipratan spam jawaban dari teman-temannya.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

7 komentar »

  • lindaleenk :

    Itu cara ngetweet adminnya juga ga banget :/

  • Alderina :

    Pertanyaannya : lalu apa gunanya jadi trending topic ya?
    Alderina baru saja menulis..Decide

  • sabai :

    Hadiahnya apa sih kok musti jawabnya sampe 70 kali?
    sabai baru saja menulis..The Convenience of Online Shopping

  • Cici :

    kalo dapet trending topic berdampak ke sales gak?

  • masigit :

    hadiahnya kayaknya menarik ya…

  • masigit :

    kayaknya hadiahnya menarik oey…

  • Munsy Afandi :

    nyimak!!
    Munsy Afandi baru saja menulis..Gambar Unik Dan Lucu Pilihan Munsypedia Hari Ini

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge