Home » Arsip

Arsip Artikel dengan Tag “youtube”

Featured, Online Branding »

[12 Jun 2013 | 9 komentar | 13,698 views]
Iklan di YouTube, Antara Perlu dan Mengganggu

Sejak YouTube resmi masuk ke Indonesia, saat kita masuk ke situsnya, kita semakin sering dihadang dengan berbagai macam iklan. Mulai dari masthead banner yang muncul di landing page, hingga iklan yang muncul pada saat awal kita membuka video.

Online Branding »

[13 Jan 2013 | 5 komentar | 7,674 views]
Kampanye Video di Hari Ibu

Narasi visual seperti video, bila diproduksi dengan apik, bisa membuat audiensnya tersentuh. Saat Hari Ibu, 22 Desember 2012 kemarin, muncul 5 kampanye video secara bersamaan. Semua video itu berusaha membuat penontonnya untuk tergerak secara emosional.

Online Branding »

[29 Sep 2012 | 11 komentar | 4,465 views]
Maraknya Kontes Video

Kalau tahun lalu saja ada brand bikin kontes video, yang ikutan pasti nggak banyak. Masalah utamanya selalu di koneksi internet lokal. Namun tahun 2012 ini mulai terasa beda. Semakin banyak brand yang berani bikin kontes video online. Pesertanya juga nggak tanggung-tanggung. Sepertinya koneksi internet sudah bukan menjadi masalah berarti lagi.

Online Branding »

[27 Sep 2012 | 7 komentar | 3,334 views]
Promosi di YouTube

Sejak mulai resmi YouTube ada di Indonesia, banyak brand mulai memanfaatkannya untuk kebutuhan promosi (padahal isunya harga placement-nya luar biasa tinggi). Beberapa brand raksasa muncul dengan brand channel masing-masing di YouTube. Iklan pun juga bermunculan di portal video tersebut. Ada yang menampilkannya di masthead (banner raksasa di atas halaman), ada yang menampilkannya dalam bentuk preroll (muncul di awal kita menonton video), ada pula yang disebut dengan trueview (mirip dengan AdWords, muncul di samping kanan). Macam-macam jenis banner lainnya bisa dicek di sini.

Online Branding »

[14 Jan 2012 | 45 komentar | 6,886 views]
Maunya sih Viral Video, tapi..

Selama seminggu kemarin ada 2 brand yang mencoba peruntungannya melalui penyebaran video melalui Twitter. Ide awalnya serupa, video disebar di Twitter, dengan harapan mem-viral, jadi bahan omongan, dan membangun interest audiens lebih lanjut. Pastinya nanti video ini akan diikuti dengan langkah lanjutan, berupa pengenalan produk brand secara halus melalui medium yang sama. Harapannya, audiens bisa ikut merasakan keterlibatan dengan brand dan ingat dengan pesan yang disampaikannya.

Online Branding »

[5 Dec 2011 | 7 komentar | 3,627 views]
Tentang Brand Journalism

Istilah brand journalism ini sebenarnya baru tahu tadi pagi. Beneran tadi pagi, gara-gara Ndoro Kakung bikin rangkaian tweet tentang ini. Berikut ini cuplikan tweetnya:

Online Living »

[4 Nov 2011 | 34 komentar | 9,201 views]
Courtesy of YouTube

Kalau ada program yang lagi tren di satu stasiun, yang lainnya pasti mengekor. Apalagi kalau programnya bisa diproduksi dengan biaya murah. Yang lagi happening belakangan ini adalah program TV yang berisikan kompilasi dari YouTube. Nggak susah kok buatnya. Cari konten di YouTube (yang bisa dipilih dari ribuan banyaknya), unduh videonya pakai KeepVid atau KissYouTube atau sebangsanya. Tambahkan host yang jadi pengantar, isi dengan ilustrasi musik baru, dan jadilah satu program baru. Yakin deh, satu episod program ini bikinnya pasti cuma dalam hitungan jam.

Interview »

[14 Apr 2011 | 24 komentar | 42,793 views]
Elle & Jess: Dua Bersaudari Pengelola Butik GOWIGASA

Beberapa orang mungkin sempat melihat video dua kakak beradik cantik Elle dan Jess ini. Di video itu mereka lipsynch sambil berjoget. Kalau diperhatikan ada sesuatu yang berbeda di video ini dibandingkan video lipsynch yang sudah banyak beredar sebelumnya. Mereka berulang kali berganti pakaian. Entah ada berapa banyak set pakaian dipakai di video ini. Nah, kali ini Media Ide berkesempatan mengajak Elle dan Jess untuk bercerita tentang diri mereka dan tentunya aksi video mereka ini.