Home » Online Communities

Sepuluh Ide (Gila) Membangun Web 2.0 Baru di Indonesia

5 February 2008 13,529 views 34 komentar

Sejak awal tahun 2008 kemarin, sempat banyak kepikiran ide-ide unik apa yang (mungkin) bisa dikembangkan menjadi website Web 2.0 baru. Karena ini sifatnya ide-ide yang keluar tanpa pemikiran bisnis mendalam, tidak dijamin akan berkembang menjadi sesuatu yang sukses ya. Lagi pula, menemukan ide ini lebih mudah daripada mengeksekusinya. Boleh jadi mendesain aplikasi website-nya mudah, tapi untuk mengeksekusinya menjadi website partisipatif yang berjalan dengan sendirinya, itu jelas butuh kelihaian sendiri.

Berikut ini ada 10 ide, baik itu ide normal maupun gila yang mungkin bisa jadi rujukan. Silakan kalau nanti di antara Anda ada yang menjiplak dan mengeksekusinya. Hanya saja, nanti kalau butuh bantuan komunikasi dan strateginya (yang justru itu bagian yang sulit), monggo kontak kami ya!

1. Website dimana setiap anggotanya bisa berbagi info kesehatan, baik itu medikal, alternatif, hingga mungkin pengobatan klenik. Bila ada anggota yang punya masalah kesehatan, anggota lain bisa memberi rujukan info. Untuk membangun obyektifitias, sistem rating dan komentar bisa dipakai untuk setiap balasan rujukan.

2. Website tempat berbagi galeri dan portfolio. Memang sudah ada Deviantart, tapi nggak salah kan kalau dibuat serupa di Indonesia, supaya mengirit bandwidth ke luar negeri. Komunitas desainer grafis, ilustrator, komikus di Indonesia belum pernah ada yang digarap serius secara online. Bisa jadi dengan strategi yang tepat, website komunitas ini bisa menjadi alternatif kebuntuan mengembangkan keprofesionalan komik dan desainer grafis Indonesia.

3. Hingga saat ini belum ada website komunitas yang spesifik ditujukan untuk para siswa SMP. Jangan salah, siswa SMP sudah banyak yang melakukan aktifitas online. Hanya saja mereka fokus pada permainan online game dan chat. Mungkin dibantu dengan aktifitas below the line yang aktif ke sekolah-sekolah, bukan nggak mungkin bisa dibangun website komunitas yang pas dengan kebutuhan mereka.

4. Anak SMU itu senangnya bertanding. Mereka suka unggul-unggulan dari sisi olahraga, paduan suara, hingga penelitian ilmiah. Kegiatan ini harus terintegrasi dengan aktivitas below the line ke sekolah-sekolah di seluruh Indonesia. Melalui website komunitas ini, setiap SMU bisa unggul-unggulan. Semakin banyak mereka aktif berkegiatan positif dan mereportasikannya di website, semakin banyak pula poin sekolah yang diwakili. Di akhir setiap periodenya, sekolah dengan poin tertinggi bisa mendapatkan hadiah dana dan piala bergilir.

5. Website tentang genealogi, atau silsilah keluarga. Sejauh mana Anda mengenal kakek buyut Anda? Jangan-jangan, rekan satu kerja Anda sebetulnya berasal dari leluhur yang sama. Bisa jadi dengan adanya website ini, akan bisa membantu Anda melacak saudara-saudara jauh Anda. Bukankah kita di Indonesia sangat menyukai silaturahim? Nah, genealogi akan membantu Anda membangun tali silaturahim yang terputus.

6. Punya masalah dengan polisi di jalan raya? Kenapa nggak direkam saja. Semua orang punya telepon genggam yang bisa memfoto, merekam suara, hingga video. Melalui kampanye Rekam Tilang, setiap orang yang ditilang bisa menyalakan telepon genggam atau MP3 sebelum berdialog dengan polisi. Jadi, melalui website ini, bisa diketahui polisi mana yang baik bak jujur, dan mana yang bandel bak nakal. Ide serupa juga bisa diaplikasikan untuk merekam aksi sogok yang terjadi pada saat pembuatan KTP, paspor, hingga tender Pemda dan BUMN.

7. Website adu partai. Karena di tahun 2008 ini masa-masa para partai mulai membangun barisan, kenapa nggak dibuat sebuah website dimana Anda bisa membangun partai fiktif Anda sendiri. Tujuannya, dalam setahun Anda harus mengumpulkan anggota sebanyak mungkin, berdiskusi debat dengan partai fiktif lainnya, untuk akhirnya bisa meraih kursi fiktif DPR. Analoginya seperti Republik Mimpi tapi versi website.

8. Membangun info yang lebih lengkap tentang Jakarta, dengan sumber dari warga Jakarta sendiri. Selain hal-hal standar seperti tempat makan, tempat gaul, atau tempat dugem, website bisa dilengkapi dengan suatu bentuk kolaborasi dimana setiap anggotanya bisa berbagi info tentang mobil apa yang ia pakai, di mana ia kerja, dan ke arah mana ia pulang. Loh, untuk apa? Ya supaya anggota lainnya bisa tahu dan bisa ikutan nebeng. Lumayan kan, dalam jangka panjang mudah-mudahan bisa ikut membantu mengurangi kepadatan Jakarta di pagi dan sore hari. Radio streaming tentang info jalan raya di pagi dan sore hari juga akan membantu.

9. Kalau Anda membuka tabloid-tabloid misteri, bisa terlihat betapa banyaknya para “ahli” yang mempromosikan ilmunya mengusir jin, mengobati beragam jenis penyakit, hingga membantu mendapatkan jodoh melalui website atau blog. Kalau mereka sudah melirik internet, itu berarti memang ada pasarnya di dunia maya. Kenapa nggak merangkul mereka semua dalam satu atap. Tujuannya, ya untuk mempermudah para target pasar untuk mendapatkan mantra atau obat dari Kyai yang tepat. Kalau perlu, bisa dibikin top ten Kyai terjago dalam beragam kategori keahlian.

10. Dan yang terakhir, ini agak ekstrim. Sudah tahu tentang WowTV, televisi untuk internet broadband di Indonesia? Mau bersaing langsung dengan WowTV tapi dengan konten yang berbeda? Mumpung belum ada regulasi jelas tentang penyiaran melalui internet, kenapa nggak Anda membangun hal serupa tapi dengan konten dewasa. Siaran televisi berbayar untuk dewasa ini sudah pasti akan ada pelanggannya, meski mereka harus membayar Rp. 1.000.000,-/tahun. Hanya siap-siap saja ya dengan resiko terburuknya.

Atau adakah di antara Anda yang punya ide-ide gila lain? Ayo, bagi-bagi info di sini! Ide nggak akan habis kok untuk dibagi.

Atau mungkin ada di antara Anda yang punya uang berlebih tanpa nomor seri dan mau berinvestasi di dunia maya, tapi kebingungan mau masuk di bidang apa? Nah, kalau untuk yang ini, kontak via e-mail saja ya πŸ™‚

Artikel lalu yang relevan:

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

34 komentar »

  • Rama - Think.Web :

    Gue suka quote lo yang ini Pit “Ide nggak akan habis kok untuk dibagi.”
    Entah kenapa gue merasa orang-orang pada pelit banget untuk sharing Ideas, apa karena takut di colong atau apa ya. Padahal kalo di colong ya tinggal cari ide baru, lagian yang namanya nyolong ide, eksekusi nya nggak akan sebaik yang punya ide itu sendiri.

    Apalagi seunik apa pun ide kita pasti di dunia ini ada yang berpikir sama (minimal mirip). Makanya “don’t you ever trust your first idea.”

    Beberapa dari (yg mirip) 10 ide lo itu udah ada yg pernah gue lempar ke client, tinggal tunggu aja ada yg nyangkut apa nggak. Beberapa jg ada yg mirip-mirip dengan yang lagi Think.Web bikin.

    Seru emang ngobrolin ide-ide gila. Yuk ngobrol sambil ngupi yuk. Yuuukk… πŸ˜€

  • Jonathan :

    Great ideas!!

    Yang paling menarik buat gw:

    5. Silsilah: Di negara-negara barat, informasi ginian udah teratur dan dipublikasikan dengan rapi. Bahkan, kadang-kadang lengkap dengan tempat lahir/meninggal, karir, tanggal2 penting (menikah, pensiun, dsb). Sayang, di Indonesia belum begitu teratur (yang disebabkan banyak hal: urbanisasi/transmigrasi, terbelakangnya sistem informasi negara ini, desa-desa yang tidak diperhatikan, KKN, dsb.)

    6. Polisi: selain berguna untuk pengguna jalan, ini juga bisa jadi situs humor yang besar. Siapa sih yang ngga ketawa kalo mendengar cerita-cerita tentang kebodohan polisi dan aparat negara ini? Kalo ada video2nya, pasti tambah sukses

    8. Jakarta: Kota Jakarat udah terlalu besar, ngga mungkin satu orang bisa tau semua tempat2 makan dan tempat2 lainnya sendirian. Kalau website ini bisa diurus dan direncanakan dengan baik (sistem penambahan, sistem komentar, sistem rating) dengan underlying technology yang memadai (AJAX), pasti bakal banyak yang tertarik dan saling menambah informasinya. Crowdsourcing.

  • dendi :

    saya malah lagi kepikiran bikin website tentang politikus.. yang kepikiran sekarang sih pake pligg.. jadi nanti pengunjung bisa merekomen politikus andalannya dan mensubmit berita2 seputar politikus di indonesia, baik itu yang baik ataupun busuk..
    soalnya waktu pemilu kemaren bingung pisan karena nggak kenal babar blas sama wakil rakyat yang saya pilih… nggak lagi deh milih kucing asing dalam karung goni..
    yah begitulah
    lagi nyari nama situs yang bagus kira2 apa ya?

  • fiksi :

    buat yang silsilah keluarga, coba cek myheritage.com

  • Blog Strategi + Manajemen :

    Semua idenya — terutama 1 s/d 9 — benar-benar bagus. Nomer 3, 4 dan 8 paling feasible, dan “layak dikomersialkan”.

  • Brahmasta :

    Bagus-bagus idenya. Gw paling suka sama yang pertama. Info kesehatan itu penting banget..

  • Pitra :

    #1 Iya, kalo gw nulis 10 ide, itu artinya gw ada 15-20 ide. Nggak semuanya lah dikeluarin. Tapi daripada nggak ada yg make. Ayuk ngupi2.. Situ yg traktir..hehe.. πŸ™‚ Oh iya, tunggu hasil kerjaan Web 2.0 kita di awal Maret ya.. Pokoknya untuk klien yang kontroversial lah..

    #2 hihi, siapa yang mau mulai buat.. πŸ™‚

    #3 Ayo dibuat. Gampang kok buat pakai Pligg. Kayak website gw yang http://www.rankmywall.com itu juga pakai Pligg+modifikasi. Tapi kalau mau fleksibel untuk pengembangan selanjutnya, coba2 belajar pakai Drupal deh. Atau pakai Drupaligg, ala Pligg tapi berbasis Drupal.

    #4 Hehe, kalau mau lihat pohon silsilah gw bisa dilihat di http://generasiku.myheritage.com. Gw keturunan langsung dari Sultan Agung loh.

    #5 Tuh, jagoan management & business sudah membantu mencerahkan mana yang kelihatannya lebih feasible. Bisa ngebantu pemilihan ide supaya lebih fokus tuh.

  • Aria Rajasa :

    Yang info kesehatan bisa dikembangkan juga menjadi sex education. Memang ini topik yang tabu, tapi karena tabu jadinya akan susah untuk bertanya dan berbagi dengan orang lain.

    Anonimitas di internet bisa sekali membantu dan menjadi medium yang ideal untuk ini. Daripada kecebur ke hal2 yang salah, mendingan diajarin dengan bener dan diberikan konsultasi yang baik.

  • Bije :

    Terimakasih untuk berbagi 10 idenya, kalimat “Ide nggak akan habis kok untuk dibagi”-nya asik banget. Btw ini mungkin menarik;

    11. Sebuah website musik yang memungkinkan siapapun untuk download mp3 secara legal dan gratis, pengelola website dan musisi dapet uang dari sponsor, sponsor dapet space untuk pasang iklan. Seperti Multiply tapi pendapatannya dibagi dengan musisi, seperti We7 tapi dengan iklan yang lebih santun.

  • Yuda :

    Untuk yang no.8 sudah ada lokasijakarta.com tapi memang tidak terlalu banyak informasi yang ada karena yang masukin juga belum banyak.

    Kalau yang silsilah ada geni.com tapi hati-hati full ajax πŸ˜€

  • danni :

    umm… semua ide bagus tapi yg sempet berasa ma gw itu web buat sekolah khususnya alumni, mungkin tidak terlalu komersil, tapi pada implementasinya mungkin g terlalu sulit. ya bayangin aja kl tiap sekolah punya website alumninya sendiri2 dibanding dgn satu portal khusus buat para alumnus satu institusi dimana individu bisa naro profile nya sendiri, jadi buat nyari temen buat nostalgia lbh gampang hehehe, dari profil yg ada kan bisa ada link ke fs, facebook ato im.

    apa web ginian dah ada ?

  • Anjar Priandoyo :

    Untuk nomor 8 juga, nyobain bikin Bicararumah.com untuk review perumahan di Jakarta, termasuk web 2.0 ga?

    Silsilah ide keren tuh

  • daustralala :

    yang nomor 5 itu dah ada di national geographic: Genographic Project

  • enda :

    kalo ada seleb.tv, maka berikutnya harusnya ada penampakan.tv πŸ˜€

  • bodrox :

    Saya sebenarnya, juga punya ide, mirip yang nomer 1, mau buat “planet terapi”, ngumpulin ahli obat2 tradisional se Indonesia. tapi gak ada sumber daya he.. he..
    sepertinya laku deh.
    kalo yg nomer 7 itu, kondisional banget, masak aktivnya cuma 5 tahun sekali?

  • Artist Indonesia :

    Kalo ide gw buat situs yg menampung band2 kampus.. tiap kampus kan pasti punya UKM Musik..

  • Leo Laksmana :

    Wow! Gw baru nemuin website ini dr rss feed share temen gw and baca ide2 lo I got really great insight…

    Gw sepaham ama ide lo #2 krn relationshipnya ama bandwidth. Kalo kita bs bkn content yg worthwhile buat orang lokal, akses internet akan makin cepet murah krn provider2 gak perlu mikir beli bandwidth internasional gede. Ibaratnya defisit perdagangan ekspor impor.

    I like #6 personally… Gw suka mikir mau disalurin kemana yah complain ttg polisi2 yg hrsnya mengayomi tp malah ngelanggar seenaknya… Pingin banget gw foto2in trus di publish… Cocok nih!

    #7, gw punya twist tersendiri, knp gak buat website buat partai2 yg terdaftar pemilu utk ambil hati voters spt kita2. One platform semua bs bertarung terkontrol… Jujur, gw cape ama media2 internet di Indonesia… Website terlalu rame iklan, jurnalisme yg gak ada substansinya asal keluarin berita… Mgkn yah blogger2 politik, tp then gw blom pernah nemuin yg worthwhile buat gw… Mohon enlightmentnya kalo ada yg punya input…

    #8, is worthwhile idea tuh… Mgkn gw bs kinda nyamain ini ama craigslist di US…

    #10 I LIKE IT! I mean people need outlet, and this provides healthy alternative…

    Sorry kepanjangan, excited aja baca ide2nya dan jd pingin ungkapin pendapat banyak…

  • Beta Uliansyah :

    #6 maludong.com. Aku paling seneng #5 dan #7. Aku nunggu aja deh Genographic-nya NGI.

  • mak comblang online :

    kalau saya setuju yang perjodohan no brp ya,…? no 11 kali ya,…tapi yang berbayar (premium), selain beramal mempertemukan para pencari jodoh,…juga menghasilkan,…
    ecomblang.com,…layak dikunjungi deh

  • ANTON :

    pengen belajar sih!! biar nggak ketinggalan jaman

  • InfoGue :

    Artikel di blog ini sangat bagus dan berguna bagi para pembaca/ netter. Agar lebih populer, Anda bisa mempromosikan artikel Anda di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Gunakan segera plugin/ widget vote untuk Blogspot dan WordPress dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
    http://infogue.com/aneh/sepuluh_ide_gila_membangun_web_2_0_baru_di_indonesia/

  • robert :

    DUA JEMPOL TO MEDIA IDE….
    ARTIKEL INTERVIEW-NYA OKE BANGETTTTT…SBB JARANG BANGET YG BIKIN RUBRIK INTERVIEW MODEL GINIAN… ISI INTERVIEWNYA JUGA INSPIRATIF BANGET (BUKAN INTERVIEW SEMBARANGAN)… SEMOGA RUBRIK INI BISA TERUS BERGULIR…DAN TIDAK AKAN BERHENTI…
    TERIMAKASIH BANYAK MEDIA-IDE….TETAP SEMANGAT!!

  • Huzz :

    gw suka yang nomor #9, Indonesia banget getho…
    sekalian bikin Facebook apps companion buat lucu2.0an, namanya SANTET. kirim SANTET to friends, termasuk kirim PENANGKAL SANTET to friends. Klo lebih banyak temen yang kasih PENANGKAL SANTET, orang itu ga kena SANTET. viral banget πŸ™‚

  • rizal akbar :

    nggak ada yang mau bikin search engine ? ato free e-mail hosting yang kapasitasnya sampe giga-an per orang ??

    hehe..

    (^_^)

  • indi9o :

    wah bener2 inspiratif..kita satu aliran bos..blog saya juga membahas ide-ide unik seperti ini..moga2 bisa saling menginspirasi..oya klo mau eksekusi ide diatas..bisa bantu yah..no 4 boleh juga tuh..tapi yang paling keren no 10..saya mau tuh..tapi klo saya dipenjara bantuin yah hahahahahaha…

    hayo sapa yang duluan eksekusi…balapan!!!!!

  • pians :

    Saya sedari dulu ingin membuat web tentang anak smp dan sma, bagaimana mereka bisa fokus belajar,bersahabat, mendapatkan duit tambahan tanpa harus mengganggu pelajaran dan juga bisa bayar sppnya sendiri….ada ide mungkin

  • Luqman Setiawan :

    Gut…gut…gut….
    menambah wawasan ni….
    tq ya bro……

  • paank Fachrezi :

    Suiip!
    Idenya menarik, nge-blog sekarang memang seharusnya dimasukkan dalam “The Next Sembako List”.
    hiks,… apapula ini?

    btw, Salam kenal dariku

  • sugiarto :

    Wah, keren-keren nih idenya. Klo yang ide anak SMP, kira-kira ngapain aja yah, isi web nya.??

  • roni arianto :

    wah saya saat ini punya ide pengen membesarkan bimbel tapi kurang modal, yang paling saya inginkan adalah punya klub alat kelamin sehat yang anggotanya seluruh dunia

  • pmreload :

    web2 yg bisa ngasih info peluang usaha…mantap!

  • planet orange :

    Saya ada ide bgini, tapi tolong jangan diketawain ya… πŸ™‚

    Idenya bgini, sekarang kita semua sangat tergantung ama mesin pencari, hampir mustahil utk mengesampingkan mesin pencari…. nah justru ide saya adalah ” search engine killer ” jadi kita tidak perlu mencari apa yang kita butuhkan, tapi semuanya di delivery sesuai dengan apa yang kita butuhkan dan pada saat kita butuhkan…

    contohnya, kl kita mencari sepatu, nah sepatu ini sendiri yang akan memberitahukan kepada kita lokasi sepatu tersebut.. jadi kita tidak perlu mencari… hihihihi… dan sepatu inipun tahu saat kita membutuhkannya atau tidak…

    mungkin gak ya…?

  • abdi :

    nggak ada yang mau bikin search engine ? ato free e-mail hosting yang kapasitasnya sampe giga-an per orang ??

    hehe..

    (^_^)

    http://tatar-pasundan.co.cc

  • agung harinoza :

    ide gue adalah: buat web yang membingungkan orang….supaya orang itu jenuh di depan komputer…tujuanya adalah gue juga bingung…!!!!

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge