Home » Online Communities

Setiap Situs Komunitas ada Segmennya

25 March 2008 10,838 views 12 komentar

Selamat masuk kantor kembali semuanya!!! Kalau mau baca cerita ringan-ringan tentang liburan, silakan mampir ke sini. Namun kalau lebih tertarik untuk membaca yang sedikit lebih ‘berat,’ monggo lanjutkan membaca tulisan berikut.

Nah, kali ini mau cerita tentang situs komunitas nih. Nggak mungkin kali ya kalau kita belum pernah dengar Friendster atau Facebook. Keduanya situs jaringan sosial populer untuk segala umat. Semua segmen usia (tentunya yang familiar dengan internet) pasti tahu kedua situs itu. Bahkan acara-acara di radio populer pun pasti punya akun Friendster dan Facebook supaya pendengarnya bisa ikutan meng-add as friend.

Live ConnectorKepopuleran Friendster yang hampir menjangkau semua umat itu menarik banyak brand beriklan di sana. Namun pertanyaannya, apakah benar beriklan di Friendster adalah pilihan tepat untuk setiap jenis brand? Apakah tidak ada alternatif di luar Friendster yang jauh lebih segmented, lebih murah, dibuat oleh bangsa sendiri, yang bisa jadi memberikan ROI yang lebih tinggi daripada memasang iklan di Friendster?

Jawabannya, bisa jadi ada, asal si pengiklan jeli dan telaten mantengin setiap situs di Indonesia. Menggali insight langsung dari target pasar juga bisa menjadi masukan. Contohnya, adakah di antara kalian yang tahu apa itu Live Connector? Kalau kalian pekerja kantoran atau mahasiswa, atau bahkan profesional di dunia online sekalipun, dijamin belum tentu kalian pernah mendengarnya. Tapi coba kalian tanya ke saudara-saudara kalian yang masih SMP. Junior-junior ABG yang doyan chatting pasti kenal apa itu LC (istilah populer Live Connector). Mereka bisa 20-30 menit nongkrongin situs itu, untuk chatting sampai membangun jejaring sosial.

Itu contoh segmentasi berdasar usia. Ada lagi segmentasi berdasar profesi atau hobi. Adakah di antara kalian yang tahu apa itu Ayo Foto atau Fotografer.net? Semua yang doyan fotografi pasti tahu kedua situs itu. Para anggotanya sudah terbiasa berbagi galeri foto dan me-review foto di situ. Atau untuk para ibu-ibu, ada yang sudah familiar dengan situs Ibu dan Anak. Situs ini memang dikhususkan untuk para ibu-ibu muda dengan anak-anak mereka yang masih kecil.

Fotografer.net Ibu dan Anak

It's My LifeAda lagi yang lebih ekstrim. Sudah ada yang bergabung ke It’s My Life? Kalau berniat bergabung, hati-hatilah membaca syarat dan kondisinya. Jangan dilewatkan seperti biasanya kalau kalian bergabung dengan situs-situs komunitas lainnya. Situs komunitas ini memang spesifik untuk para pria yang ‘sejenis.’ Situs ini merupakan bagian dari upaya edukasi AIDS dan HIV yang disponsori oleh LSM FHI. Promo situs ini bisa ditemukan bisa kalian search di Google berdasarkan keyword tertentu. Intinya, diharapkan yang tahu situs ini hanyalah mereka yang memang targetnya.

Masih banyak lagi situs-situs serupa yang sangat segmented. Untuk beberapa brand, bisa jadi lebih efisien beriklan di situs-situs yang sudah jelas targetnya, daripada ‘nembak’ ke situs umum. Untuk para pengembang situs komunitas, pertimbangkan pula membuat situs-situs dengan target yang niche, supaya tidak bersaing langsung dengan situs-situs populer seperti Friendster atau Facebook.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

12 komentar »

  • javanese-script.com :

    Mas, tau dari mana situs http://www.itsmylifeclub.com/
    saya baru tau loh, rupanya made in local
    jangan2 mas, member situs tersebut ya hehe…

  • Pitra :

    #1 hehe, itu krn saya kenal aja dgn yg buat, n kalo member sih krn dipinjemin.. tapi ga pa pa loh kalo situ tertarik. nggak dilarang kok.

  • Andy OrangeMood :

    Hehe… bahasa halus/marketingnya Niche/segmented, bahasa kasarnya Tiny or very low… πŸ™‚ *joke

    Any way, the simple thing is back to their online objective for each campaign. πŸ™‚

    “Andy OrangeMood is Online Advertising Consultant”

  • gagahput3ra :

    Nambahin..indoflyer.net komunitas penerbangan Indonesia… πŸ˜€

    Yup…kebanyakan situs komunitas emang segmented dan bisa dijadiin tempat beriklan yg pas…tp masalahnya gw sendiri suka susah menemukan situs2 komunitas itu…alias mereka juga jarang banget yg mo beriklan di online media laen… πŸ™

  • Tigis :

    bener juga mas Pitra. Segmentasi memang bisa membuat sebuah blog or website jd unik. Tp terkadang krn sudah buanyak buanget website or blog, semua jenis segmentasi jadinya sudah tergarap. Akhirnya jadi ajang adu content. Yg contentnya paling menarik itu yg menang.

  • cempluk :

    include blogger’s community kan.. πŸ˜€

  • Ericbdg :

    Saya penasaran nih, kalau situs komunitas itu ada umurnya ga ya? Ibaratnya suatu produk pasti ada waktu dimana dia sudah tidak populer lagi (bisa puluhan tahun), bagaimana dengan situs komunitas?

  • Om Ucok :

    Pit… aku utang mau ngasih HP Valens & Kristupa ya ?
    He..he… maaf kelupaan. Tak PM deh ke YM sekarang

  • Pitra :

    #7 semua situs, baik itu komunitas ato nggak, pasti ada umurnya (alias ada trendnya). kalo ternyata akan muncul situs baru dengan ide yg kreatif n punya word of mouth yg kuat, pasti secara perlahan situs yg nggak up to date akan ditinggalkan. ini terjadi juga kok dgn Friendster utk target pasar US.

    Friendster memang salah satu pioneer social network. Dulu penggunanya yg dari US cukup banyak. Tapi muncullah MySpace yg punya kelebihan skinning theme, media box, dan widget. Pengguna Friendster di US pun beralih ke MySpace. Lalu, Friendster mencoba up to date dgn menambah fitur serupa spt MySpace utk mengejar ketinggalan.

    #8 Om, wah diemail aja deh. suka ilang kalo via YM.

  • nugie :

    kalo tentang ekonomi ada ndak ya…??

  • Ivan :

    ‘Play a niche market’ boleh dibilang salah satu strategi yang mendasar. Dengan menentukan topik dari awal, pada dasarnya tujuannya telah dibeberkan.

    Untungnya, semakin gampang untung mengadakan promosi, menambah materi atau fitur2 khusus, dan lebih menarik untuk yang mau pasang iklan. Karena mereka telah tahu konsentrasi penggunanya.

    Bikin blog khan juga harus begitu.

  • biro jasa :

    sekarang memang era nya segmented..semua sudah di sekat oleh bilik-bilik sesuai dengan minat dan hobi..

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge