Home » Online Communities

Cerpenista, Membuat Cerpen Ala Web 2.0

10 August 2008 12,749 views 13 komentar

CerpenistaAlkisah di ranah maya blog ini terkenal seorang blogger bernama Herman Saksono (nggak usah ditanya kenapa ia dulu menjadi terkenal, takut tersinggung). Hari Sabtu kemarin, ia niscaya akan menjadi semakin terkenal (kini dalam artian positif). Didukung oleh teman-teman komunitas blogger CahAndong Jogja, ia baru saja meluncurkan Cerpenista.com. Sebelumnya Cerpenista hanya bisa dinikmati oleh kalangan terbatas. Namun kini setelah dianggap lebih sempurna, bekerja sama dengan Dagdigdug, Cerpenista.com pun kini bisa dinikmati oleh khalayak umum.

Acara peluncurannya sungguh sederhana. Bertempat di Wisma Joglo, diiringi musik dari para pengamen yang sering nongkrong di Kilometer Nol Jogja, tempat biasanya blogger CahAndong berkumpul setiap Jumat malam (Jumintenan). Selain para blogger Jogja, hadir pula rekan-rekan dari Semarang, Malang, Bogor, dan Jakarta. Lebih dari 30 orang (kalau nggak salah hitung) hadir di sana. Setelah acara peluncuran selesai, obrolan nggak resmi pun berlanjut terus hingga lewat tengah malam. Oh ya, dapat kaos gratis pula. Bagus desainnya.

Cerpenista ini sungguh konsep yang menarik, terutama untuk para blogger (maupun bukan) yang gemar menulis. Setiap anggota bisa saling menimpali dan melanjutkan cerita yang sudah ada. Bisa jadi, karena beragamnya pemikiran para penulisnya, cerita yang disusun bisa melenceng dari semula. Hihi, tapi justru di situlah sebetulnya keunikan dan kelucuannya. Coba saja baca kisah "Keperawananku Terenggut oleh Sepeda Federal" atau cerita sungguh singkat "Ci Luuk Baaaa," pasti akan tertawa terpingkal-pingkal saat membacanya. Semua cerpen ini dikategorikan dalam banyak genre, dari detektif, romans, humor, kisah sejati, dll. Jika Anda sudah lama aktif dalam menyumbang cerita, Anda bisa membuat judul cerita baru pula.

Cerpenista

Untuk Anda yang nggak kenal dengan CahAndong, mungkin agak-agak bingung saat membaca kisah Cerpenista yang lama. Beberapa nama dalam cerita itu memang menokohkan teman-teman CahAndong sendiri dan mempelesetkannya dalam jalinan cerita. Memang saat uji coba, kebanyakan memang rekan-rekan CahAndong sendiri yang menyumbang cerita. Namun kini kesempatan itu terbuka untuk Anda. Ajak rekan-rekan Anda beserta komunitasnya untuk ikut membentuk grup dan menulis cerita di sini. Siapa tau, nanti ada penerbit (mungkin penerbit edan) yang mau mempublikasikannya dalam kumpulan novel antologi.

Ayo cobain ya!

(Tulisan ini dibuat sukarela, dan bukan karena paksaan dari teman-teman CahAndong. Namun tidak berarti nggak bersedia menerima sumbangan dalam bentuk uang, perhiasan, atau surat berharga lainnya ya).

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

13 komentar »

  • Hedi :

    saya cuma salut pada Momon, cerpenista itu sumbangan (positif) untuk dunia internet Indonesia.

  • nico :

    herman saksono yang terkenal karena video*unrelease* itu ya?*sambil goyang2:D*

  • mr.bambang :

    Ah, cerpenista hanya membuat semangat bekerja menurun, tapi semangat ngejunk sambil terkekehkekeh meningkat. πŸ˜€

  • F :

    Wah, ide aplikasinya sederhana tapi menarik sekali. πŸ˜€

  • alle :

    hahaha,. ci luuk baa ituuu memang benar2 junk

  • arya :

    blame Alle buat cerita Ci Luk Baa ituuuuu :))

  • sandal :

    Video “dancing momon” itu harusnya direlease juga πŸ˜€

    FYI, dari buku tamu tercatat 56 orang yang hadir.

  • funkshit :

    kok banyak ndal ??
    sampeyan absen double ya?

  • Herman Saksono :

    Ndal, aku kemarin titip absen lho. Kamu ndak lupa tho? πŸ˜€

  • zam :

    ada lagi mas, seharusnya ada peringatan: JANGAN DIBUKA SAAT JAM KERJA!

    wahahahaaha…

  • Jauhari :

    Mantap Mantap πŸ˜‰

  • sofhal jamil :

    Siiip neh πŸ™‚ dah daftar juga, cuma belum posting. Tks.

  • Manan :

    aku jadi penasaran, mau baca dunkzz ^o^

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge