Home » Online Branding

Merangkul Blogger untuk Promosi Brand

18 November 2008 8,602 views 12 komentar

Beberapa bulan lalu Toyota-Astra Motor mengundang beberapa blogger untuk menghadiri launch Corolla Altis. Blogger (mungkin) dianggap bisa menyuarakan secara lebih personal apa yang dialaminya. Tentunya dengan harapan para pembaca blog tersebut ikut tahu dan tertarik dengan apa yang disampaikan blogger tersebut.

Tren ini ternyata terus berlanjut. Belum sebulan berlalu, sudah ada 2 event berbeda yang turut mengundang blogger. Konferensi pers yang dilakukan Pond’s kala peluncuran iklan berseri Bunga Citra Lestari ikut pula mengundang beberapa blogger sosialita (baca: gaul). Tak berapa lama kemudian, Sunsilk dengan Krisdayanti mengundang blogger yang sama untuk datang pada peluncuran buku “Hidup Tak Bisa Menunggu.”

Semua penyelenggara event ini berharap para blogger mau menuliskannya dengan sukarela di blog masing-masing. Tentunya dengan cara pandang masing-masing blogger. Terserah apakah tulisan itu bernada positif atau negatif, semua dikembalikan ke setiap blogger. Bahkan, kalau pun tidak ada blogger yang menuliskan pengalamannya, mereka pun tidak akan memaksa.

Bentuk lain namun dengan harapan hasil yang relatif sama adalah dengan meminta para blogger menuliskan advertorial di blognya. Blogger dibayar untuk melakukan review untuk suatu produk atau program promo yang diselenggarakan oleh brand. Produk atau detil program promo dikirimkan kepada para blogger, yang lalu diminta untuk menuliskan pengalamannya melalui sebuah tulisan di blog. Tentunya, isi tulisan dibebaskan. Terserah cara pandang dan pengalaman masing-masing blogger.

Semua kegiatan promo dalam blog itu punya tujuan serupa, yakni membangun buzz atau word of mouth. Semakin banyak blogger yang menuliskan hal tersebut, semakin ramai topik itu diperbincangkan dalam blogosphere. Semakin ramai diperbincangkan, brand yang dibicarakan pun menjadi semakin populer. Selanjutnya, tinggal kelihaian dari brand sendiri (atau agency komunikasi yang mewakilinya) untuk ikut aktif berbicara di dalam setiap blog tersebut, sehingga percakapan bisa terus terjadi secara positif.

Seperti yang diungkapkan oleh Hermawan Kartajaya di tulisan terbarunya tentang New Wave Marketing, promosi satu arah seperti yang dilakukan melalui TV, radio, ataupun media cetak, sudah tidak cukup lagi. Konsumen tidak mudah percaya begitu saja apa kata brand. “Kebenaran” yang ada tidak lagi dari sisi brand saja. Mereka lebih percaya bila “kebenaran” itu terjadi melalui percakapan yang setara antara pihak brand dan konsumennya.

Apa yang dituliskan seorang blogger seakan-akan bisa mengklarifikasi keraguan konsumen. Konsumen menjadi lebih percaya akan brand tersebut karena sudah ada orang lain yang mentestimonikan pengalamannya.

Sekarang pertanyaannya, apakah benar para blogger ini bisa memberikan dampak positif seperti yang diekspektasikan oleh brand? Apakah proses percakapan antara brand dan konsumen benar-benar terjadi?

Berdasarkan pengamatan dari beberapa komentar di blog seputar liputan atau advertorial, ternyata brand belum memanfaatkannya secara maksimal. Mereka masih berdiam pasif memantau setiap komentar, tanpa bertindak memelihara percakapan. Blog sepertinya masih dianggap hanya sebatas media semata. Sepanjang blogger sudah menuliskan pengalamannya, sudah dianggap cukup. Isi komentar dan balasannya masih belum terlalu dipedulikan.

Artikel lalu yang relevan:

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

12 komentar »

  • Epat :

    itu yang jadi model ilustrator, alamat blognya apa ya? 😀

  • mantan kyai :

    sayah termasuk blogger sosialita bukan yah? atau aktualita? atau …

  • Bagus Prakoso :

    Ada nggak contoh-contoh Blog Post Advertorial ini ? Coba kalau ada pengen ikut baca.

  • Toni @ NavinoT.com :

    Rasanya Pitra benar soal tidak adanya foloow up berkelanjutan terhadap usaha sosialisasi lewat blogger. Seperti yang dibilang pitra blogger mmgmungkin dianggap sebagai new media dalam artian one way channel baru,seperti halnya televisi dan media cetak.

    Padahal value terbesarnya ada di conversation bukan sekedar nampang :D. Kalau bisa masuk conversation berarti word-of-mouth-nya jalan. I wonder ukuran apa yang mereka pakai untuk mnengukur keberhasilan memakai blogger sebagai media promosi.

  • Pitra :

    @Toni:

    kalau untuk ukuran, saya juga ingin tahu sebetulnya. Si konsultan PR yg mengurusi event Pond’s dan Sunsilk ini berpatok pada ukuran apa. Apakah cuma menghitung jumlah post dan komentarnya saja? Apakah mereka melihat gaungnya di Technorati? Saya yakin sih si konsultan PR juga belum paham apa gunanya Technorati..:D

  • Ivan @ NavinoT :

    Saya pribadi agak risih dengan blog advertorial, terutama bila tidak dicantumkan semacam disclaimer kalo artikel tersebut adalah advertorial. Ini bisa menyesatkan pembaca, karena artikel advetorial khan cenderung positif. Kalo mengundang blogger sih masih normal dan langkah yang bagus.

    Am I being to sensitive ? 🙂

  • antown :

    keren gambarnya jeh..
    semangat yak!! vektor atau veksel?

  • Yodhia - Blog Strategi + Manajemen :

    Mudah-mudahan tren ini terus berlanjut…..omong-omong soal Blog Review….bisa dicoba layanan http://www.reviewmu.com punya Cosa.

    Saya sudah nyoba sebagai advertiser; cukup puas dengan hasilnya. Biaya relatif murah; dan page rank situs saya naik cukup signifikan. Wah, jadi testimoni dong….hehehehe.

  • zamdesign :

    Sekarang pertanyaannya, apakah benar para blogger ini bisa memberikan dampak positif seperti yang diekspektasikan oleh brand?

    Brand yang tidak percaya akan fakta ini, akan segera terkalahkan di masa depan 😀

  • www.king-ali.tk :

    Kebetulan sy sering ikut diundang acara telkom&tgl 26 nov 2008 br lauching taman digital ahmad yani dimedan dan yg pertama disumut.Tp lumayanlah blogger seperti sy sering dpt nasi kotak&kue.Buat perusahaan laen yg mau undang sy silahkan hub=081533188336 ntar sy posting produknya diblog http://www.king-ali.tk

  • rudy :

    Salam kenal,

    Kayanya yg punya product ingin di publikasikan semakin gencar dan berinisiatif langsung dari pada lewat jaringan yg ada.

    Semakin bagus sih biar banyak pilihan. 😀

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge