Home » Online Branding

Mengajak Pembuat Video Amatir untuk Berlomba

2 December 2008 6,424 views 4 komentar

Mungkin ini bukan hal yang baru ya, karena rasanya sudah pernah ada pula yang membuat seperti ini. Kalau nggak salah Fruit Tea pernah membuat hal serupa sekitar 5 tahun lalu. Saat itu pengiriman video dilakukan secara manual, alias dikirim ke redaksi atau ke radio Prambors yang menjadi partner medianya. Sekarang Indosat mengadakan lomba yang serupa. Temanya “100% Teknologi Hijau,” dan peserta kali ini bisa mengunggahnya langsung melalui microsite-nya. Mungkin ini karena teknologi dan kecepatan internet sekarang sudah lebih mendukung.

Ada satu video yang dibuat sebagai contohnya. Videonya memang dibuat cukup lucu. Bisa disimak di bawah ini.

Ingin tahu juga sih seberapa banyak nanti yang akan mendaftar. Memang kini membuat video amatir sudah semakin mudah. Modal telepon genggam canggih sedikit sudah bisa mendapatkan hasil yang lumayan. Hanya hasilnya biasanya masih beresolusi rendah. Bila nanti di-preview di situs ini, dengan player yang disediakan berukuran 480×380, gambar pasti akan terlihat pecah. Mudah-mudahan penilaian juri nanti memberi bobot lebih besar pada konsep cerita di baliknya, dibandingkan eksekusi pembuatannya. Biar semua orang amatir bisa semakin banyak yang ikut serta.

Promosi microsite ini dengan mudah bisa dilihat melalui banner di beberapa portal Indonesia terkemuka. Hanya satu yang sempat mengherankan. Banner serupa juga pernah muncul di situs Technorati, situs tempat para blogger bisa melihat percakapan yang terjadi antara blogger, dan melihat blog-blog mana saja yang melakukan trackback ke blognya. Hmm, bukan hal biasa bila ada brand Indonesia melakukan pemasangan banner di Technorati. Entahlah, apa ya maksudnya?

Catatan kecil: kode embed video-nya nggak lengkap. Tag-nya tidak tertutup. Mungkin web developer-nya harus lebih hati-hati.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

4 komentar »

  • Andy OrangeMood :

    idenya biasa, hadiahnya luar biasa… itu yang mungkin menarik minat banyak user mencoba. (kembali ke Free Gift!)

    soal technocrati, ada kemungkinan bannernya hanya muncul kalau dari ip indo mas Pitra (ad network system)

  • iambadung :

    Beberapa bulan lalu telkomsel juga pernah membuat kompetisi video amatir dengan tema Indonesia Go Green juga yang bekerja sama dengan layanan video sharing indonesia : beoscope.com

  • Bhanu :

    Oke… Boss siap meluncur! Mumpung bisa ikutan di kelas Umum. Kru dan peralatan Siap! Dana siap! Talent ready to call…
    Btw… ada yang punya ide bagus nggak ya..? 😛

  • uCHY :

    hmmm…perlu ide yg unik spy menarik!

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge