Home » Online Branding

Yaris Memanfaatkan Facebook Semaksimal Mungkin

11 February 2009 9,773 views 14 komentar

Kemarin sudah sempat cerita tentang Facebook Page. Sebelum adanya Facebook Page, banyak brand yang sempat curi-curi membuat Facebook Profile untuk brand-nya. Seharusnya Facebook Profile memang diperuntukkan untuk pribadi, dan bukan untuk lembaga atau brand tertentu. Jatah untuk lembaga dan brand yang ingin berpromosi adalah Facebook Page.

Kalau tidak percaya, sekarang cobalah mendaftar dengan nama-nama aneh sebagai nama profil diri, pasti akan menemui kesulitan. Facebook mulai mensortir dan menolak nama profil yang menggunakan kata-kata seperti: “its,” “face,” “perfect,” “smart,” dan kata-kata lainnya yang serupa. Facebook mencoba memastikan sebisa mungkin kalau yang mendaftar di dalam Facebook Profile adalah seorang individu.

Namun tentu saja banyak yang lolos pula dari kriteria. Salah satunya Toyota Yaris dengan Facebook Profile-nya. Terlepas dari salah atau tidaknya, ternyata Yaris cukup berhasil membangun komunitasnya melalui Facebook. Tahun lalu, Yaris membuat sebuah portal berita seputar dunia anak muda, namun seperti diduga, tidak seberhasil yang diharapkan. Pengunjungnya tidak terlalu banyak. Upaya membangun komunitas melalui portalnya ini tidak terlalu berhasil.

Saat itulah Yaris secara paralel memanfaatkan Facebook. Karena saat itu belum ada Facebook Page, Yaris lalu membuat profilnya sendiri, lalu mencari teman-teman di Facebook yang memang fanatik dengan Yaris. Saat ini “teman-teman” Yaris sudah mendekati 1.000, dan cukup banyak yang terlihat aktif merespon status, berkomentar di foto, dan notes.

Setiap event pasti akan diumumkan di Facebook. Setelah event, foto-fotonya diunggah ke Facebook, agar bisa di-tag. Pernah juga Yaris melakukan kegiatan kuis untuk meningkatkan jumlah teman. Melalui fasilitas suggest friend, Yaris meminta para teman yang sudah bergabung untuk mengundang teman-teman lainnya untuk bergabung. Dalam periode tertentu akan dihitung siapa pengundang terbanyak yang terkonversi menjadi teman Yaris. Mereka yang menang, mendapat bingkisan menarik dari Yaris.

Hal penting lainnya yang membuat profil Yaris ini hidup adalah kemanusiawian. Profil ini memang dipegang langsung oleh tim komunikasi PT Toyota-Astra Motor (TAM), dan tidak di-outsource-kan ke pihak lain. Merekalah yang “menyamar” menjadi seorang Yaris. Merekalah yang aktif memberikan info dan menjawab komentar yang muncul. Lagi pula nggak semua komentar yang muncul bersifat serius. Beruntung juga, hingga saat ini belum muncul pihak-pihak yang keberatan atau merasa dirugikan oleh Yaris. Namun kalau pun itu terjadi, yakin sepenuhnya kalau pihak TAM akan meresponnya dengan cepat melalui Facebook.

Yaris juga meng-update statusnya, seperti seorang individu meng-update statusnya. Beberapa statusnya malah terlihat lucu, seperti ini: “Yaris rohana kuhhh batal datang ke Jakarta..hiksss…hiksss.” Yaris memang menjadi sponsor konser Rihanna, dan menyayangkan karena konser ini batal. Atau status juga bisa sekedar ucapan selamat pagi, atau menanyakan akan kemana teman-teman Yaris weekend ini.

Meski mewakili brand, bukan berarti nggak bisa manusiawi juga kan? Justru yang terlihat fun dan bersifat horisontal seperti inilah yang membuat brand Yaris menjadi semakin dekat dengan komunitasnya.

Artikel ini ditulis oleh: Pitra Satvika (@pitra)
Sehari-hari bisa ditemui di Stratego, sebuah digital agency yang membangun pengalaman digital untuk brand di ranah online dan event. Pecinta social media, fotografi, dan menulis. Penulis blog ini sejak Juli 2005.

14 komentar »

  • Rama Mamuaya :

    http://groovynations.com itu keren designnya, sayang masih tr-td.
    Emang pas strateginya, kalo mau ngincer anak muda .. ya Facebook medianya.

  • tasya :

    ternyata bisa diakses kalo udh masuk friend list ya? jadi masih bisa disaring yang masuk ke profile 🙂

  • mantan kyai :

    teman si yaris banyak banget ya 😀

  • Ramya Prajna S :

    So… buat Brand… better Facebook Profile atau Facebook Page?
    Ikuti aturan atau manfaatkan fasilitas semau kita?

    Sebagai pemilik website (atau yg membantu mengelola) pasti pinginnya ikutin aturan. Soalnya pasti semua feature ada tujuannya.
    Tapi sebagai yang mau memanfaatkan website sebagai media branding pasti pinginnya melakukan segala.

    So?
    Gue sendiri masih labil sih 😀 serba salah soalnya.
    Tapi gue sih yakin pasti banyak web service udah memikirkan itu. Salah satu spot for income juga kan.
    Jadi mungkin sembari nunggu disediakan fitur2nya, tetep ikutin aturan walaupun boleh nakal2 dikit 😉
    Hehehe.

  • cremozt :

    pass buat anak muda…

  • hedi :

    mungkin gara-gara ini simbok juga pake yaris 😀

  • arikaka.com :

    gambar yang terakhir yang menarik lho…
    hihihi…

  • Satrion :

    Mungkin ini sebuah peluang bagi facebook untuk mendapatkan uang dengan menjual fasilitas profil khusus untuk perusahaan.
    karena dengar-dengar facebook punya masalah dengan CTR iklan-iklannya

  • Tuhu :

    wah wah…. terharu yahhh dengan kemanusiawian Yaris, bentar lagihhh Yaris bukan hanya sangat manusiawi tapi makin gaullll dan responsif, dan bertaburan hadiah buat narcist freaker…… Coming soon on March…. Be there….

  • bogorbiru :

    JANGAN CARI AKU DI FACEBOOK-MU…

  • Rusa Bawean :

    facebook emang ok bangettt

  • titiw :

    Is this some kind of what people called viral? As if this “Yaris” live among us, so people can be more attached with “Yaris”..

  • Penerbit Leutika :

    Kami dari penerbit Leutika Yogyakarta
    Setelah kami membaca cerita anda tentang facebook yang berjudul “Yaris Memanfaatkan Facebook Semaksimal Mungkin” maka kami tertarik untuk mengikutkan tulisan anda untuk rencana buku kami yang berjudul GARA-GARA F.
    JIka berkenan atau tidak, mohon mengkonfirmasikan ke email kami di: redaksi@leutika.com.
    kunjungi juga website kami di http://www.leutika.com.

    terima kasih

    Ridho, Redaksi Penerbit Leutika

  • Yaris Groovynations Ngegroovy di Facebook « Internet Business, Strategy & Marketing Indonesia :

    […] hangat di kalangan anak muda. Inilah yang kemudian membuatnya unik, dan pernah diulas oleh blog Media Ide, sebagai profil yang mewakili sebuah merek yang unik, karena bersifat […]

Tinggalkan komentar Anda!

CommentLuv badge